Semarang (ANTARA News) - Ribuan lampion dilepas ke langit Semarang, Sabtu (21/5) malam, memeriahkan Festival Banjir Kanal Barat 2016 yang digelar memperingati Hari Ulang Tahun Ke-469 Kota Semarang.

Pelepasan lampion dilakukan Sekretaris Daerah Kota Semarang Adi Trihananto dan jajaran pejabat Pemkot Semarang yang hadir pada festival yang digelar di bantaran Sungai Banjir Kanal Barat Semarang itu.

Setelah itu, diikuti ribuan masyarakat yang bersama-sama melepaskan lampion ke angkasa yang langsung membuat langit di atas Kota Semarang terlihat bercahaya, diikuti sorak sorai dari masyarakat yang hadir.

Sekda Kota Semarang Adi Trihananto mewakili Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, mengatakan Festival Banjir Kanal Barat merupakan rangkaian peringatan hari jadi Kota Semarang yang menjadi agenda tahunan.

"Ada pula gelaran Semarang Introducing Market yang mengangkat produk-produk unggulan dari sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Semarang yang digelar di Festival Banjir Kanal Barat," katanya.

Dia mengharapkan Festival Banjir Kanal Barat 2016 dan pergelaran-pergelaran semacam itu, semakin mendorong pengembangan pariwisata di Kota Semarang agar semakin baik dan maju ke depannya.

"Perlu ada sumbangan saran dari masyarakat atau pihak lainnya agar agenda wisata tahunan ini bisa semakin banyak mendatangkan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, ke Semarang," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Masdiana Safitri mengatakan tema yang diangkat pada festival itu adalah "Sam Poo Kong" atau dikenal pula dengan nama Laksmana Cheng Ho.

Laksamana Cheng Ho adalah pelaut ulung yang singgah di Semarang pada masa lampau yang diharapkan sekarang bisa semakin mengangkat nama Semarang secara lebih luas, terutama dalam bidang pariwisata dengan berbagai potensi yang dimiliki.

Apalagi, kata dia, Semarang juga dikenal dengan masyarakat yang majemuk dari berbagai suku, agama, dan ras yang terus terjaga kerukunannya sehingga menjadi potensi tersendiri untuk pengembangan kepariwisataan..

Masdiana mengatakan setidaknya 4.690 lampion disiapkan untuk memeriahkan Festival Banjir Kanal Barat yang disesuaikan jumlahnya dengan usia Kota Semarang yang sudah 469 tahun.

Selain pelepasan lampion, Festival Banjir Kanal Barat 2016 juga dimeriahkan dengan puluhan kapal hias dari jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD), kecamatan, dan kelurahan di Kota Semarang.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016