Jakarta (ANTARA News) - Toronto Raptors mencatat kemenangan pertama pada Final Wilayah Timur Sabtu malam waktu setempat atau Minggu pagi WIB ketika DeMar DeRozan mencetak 32 poin untuk mengantarkan timnya menang 99-84 pada Game 3 atas Cleveland Cavaliers.

Raptors mengungguli Cavs yang masih memimpin 2-1 pada final wilayah ini, sampai selisih 18 poin pada kuarter kedua dan memimpin sampai 15 poin pada awal kuarter keempat.

Cavaliers yang tidak pernah kalah pada dua babak pertama playoff musim ini, menyempitkan perbedaan skor menjadi delapan poin sebelum center Raptors Bismack Biyombo menciptakan enam poin berturut-turut demi memperlembar keunggulan menjadi 14 poin pada 3 menit 38 detik terakhir laga.

Kyle Lowry menambahkan dengan 20 poin untuk Raptors, Cory Joseph mempersembahkan 14 poin, DeMarre Carroll 10 poin, dan Patrick Patterson 10 poin. Biyombo juga menciptakan rekor rebound terbanyak playoff musim ini dengan 26 rebound, ditambah tujuh poin dan empat blok.

LeBron James mencetak 24 poin untuk memimpin Cavaliers yang sudah memenangi dua pertandingan pertama seri final ini di Cleveland. J.R. Smith menyumbangkan 22 poin untuk Cleveland, sedangkan Kyrie Irving mencetak 13 poin dan Channing Frye 11 poin.

Sebuah lemparan tiga angka DeRozan tepat saat buzzer akhir kuarter pertama, dianulisr karena sudah melewati waktu. Toronto memimpin 27-24 menjelang masuk kuarter kedua.

Lemparan tiga angka Joseph pada 4 menit 9 detik terakhir kuarter kedua membuat Raptors unggul 49-37. Setelah Cavaliers gagal pada sebuah lemparan, Carroll berhasil pada satu lemparan tiga angka untuk membuat Toronto memimpin 15 poin. Lalu, layup Patterson pada 1 menit 22 detik terakhir memperlebar keunggulan Raptors sampai 18 poin.

James lalu mempersempit dengan sebuah lemparan tiga angka sehingga kepemimpinan Raptors menjadi 60-47.

Biyombo memang tidak menciptakan poin namun dia menyumbangkan 16 rebound untuk Toronto pada paruh pertama. DeRozan memimpin semua skor pada paruh pertama dengan 21 poin. James memimpin Cleveland dengan 14 poin.

Cavaliers mengawali paruh kedua dengan menyempitkan ketertinggalan sampai enam poin, namun sertelah Raptors berlari dengan selisih 11 poin, Smith sukses pada dua lemparan tiga angka berturut-turut untuk menyempitkan selisih menjadi lima poin pada 4:20 terakhir kuarter ketiga.

Raptors mencetak lima poin pertama kuarter keempat untuk melesat memimpin dengan selisih 15 poin.  Raptors terus memimpin dalam dua digit sampai menit terakhir pertandingan di mana sebuah jumper Joseph pada 1 menit 38 detik membuat Toronto memimpin sampai 14 poin, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016