Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Red Bull KTM Ajo, Brad Binder, tampil sempurna sepanjang 20 lap balap Moto3 di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu untuk memenangi balapan mengalahkan dua pesaing dekatnya Di Giannantonio dari Gresini Racing dan Bagnaia asal Aspar Mahindra.

Balapan Minggu di Gran Premio d'Italia TIM dimulai dengan balapan Moto3 yang selalu mendebarkan. Terik sinar Matahari menyengat di atas kepala, suhu lintasan mencapai di atas 34 derajat Celcius ketika 33 pebalap berbaris di garis start.

Romano Fenati (SKY Racing Team VR46) memulai balapan di posisi start terdepan.

Fenati langsung merangsek memanfaatkan ruang di tikungan pertama, sedangkan Brad Binder (Red Bull KTM Ajo) bergerak naik ke posisi ketiga dengan Andrea Migno (SKY Racing Team VR46) berada di tengah tiga terdepan.

Dalam setiap lap tampak semakin banyak pengendara bersaing ketat adu kecepatan, dengan 20 pebalap terdepan berjuang dalam jarak dekat antarmereka.

Saling susul terjadi, termasuk Lorenzo Dalla Porta (Schedl GP Racing) yang lumayan nyaman berada dalam 10 besar. Dalla Porta bukan satu-satunya nama baru yang mampu melaju di rombongan depan, Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing Moto3) malah sempat memimpin di depan kerumunan.

Namun kemudian, bencana melanda Roman Fenati. Ia terjatuh dan tidak sanggup melanjutkan balapan. Kondisi itu membuat pebalap-pebalap seperti Fabio Quartararo (Leopard Racing) mendapatkan keuntungan, sempat memimpin di beberapa titik.

Kandidat juara terus menghadapi kesulitan, Jorge Navarro (Estrella Galicia 0,0) kemudian terjatuh di tikungan 15 lap 12 setelah bersenggolan dengan pebalap lain.

Jatuhnya Navarro meninggalkan Binder berjuang untuk meraih kemenangan. Ia pun kemudian finish tercepat dengan catatan waktu 39 menit 49,382 detik.

Di Giannantonio mencetak poin pertamanya tahun ini dengan brilian finish di tempat kedua, kemudian diikuti Francesco Bagnaia (Aspar Mahindra Team Moto3) untuk podium ketiga.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016