Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Yamaha Jorge Lorenzo secara dramatis memenangi balap MotoGP Mugello, Italia, setelah memenangi duel dengan jagoan muda Repsol Honda Marc Marquez dalam lap-lap terakhir.

Lorenzo yang memulai balapan dari posisi start kelima, langsung merangsek di belakang perebut posisi pole yang juga rekan setimnya, Valentino Rossi, yang mendapatkan dukungan besar dari penonton tuan rumah.

Pebalap bernomor motor 99 itu sempat berduel dengan Valentino Rossi pada lap-lap awal, sebelum kemudian "The Doctor" harus menepi tidak bisa melanjutkan balapan karena sepeda motornya bermasalah.

Rossi keluar dari lintasan dan masuk ke pit dengan tampak menahan kecewa ketika balapan menyisakan sekitar 17 lap lagi.

Lorenzo kemudian memegang kendali dengan diikuti Marc Marquez di belakangnya, sebelum pebalap Honda berhasil menempel hingga terjadi duel berbahaya pada lap-lap akhir.

Marc Marquez, yang berhasil menyusul pada tikungan di akhir lap pamungkas, akhirnya disusul Lorenzo dalam beberapa meter dari garis finish dan harus mengakui Lorenzo lebih cepat.

Jorge Lorenzo merebut podium utama dengan catatan waktu 41 menit 36,535 detik, dan Marquez hanya 0,019 detik di belakangnya untuk berdiri di podium kedua.

Tempat ketiga dalam balapan di bawah terik Matahari di Sirkuit Mugello direbut oleh pebalap Ducati Andrea Iannone, sedangkan Dani Pedrosa dari Honda finish keempat dengan catatan waktu 4,910 detik di belakang pebalap terdepan, demikian mengutip data motogp.com.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016