Bogor (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan pihaknya sedang berupaya untuk memulangkan jenazah Warga Negara Indonesia (WNI) yang meninggal di Uruguay.

"Tentunya termasuk dalam kondisi yang bersangkutan meninggal dan sebagainya adalah pemulangan jenazah ke Jakarta," kata Menlu Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Minggu, setelah mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Pangeran Arab Saudi.

Ia mengatakan, pihaknya telah memiliki prosedur tetap yang baku ketika menangani kasus-kasus terkait WNI di luar negeri.

Seorang WNI yakni Faozi Bin Tolib asal Tegal Jawa Tengah yang merupakan anak buah kapal berbendera Tiongkok meninggal dunia saat dalam pelayaran di wilayah laut Uruguay diduga karena serangan jantung.

Faozi meninggal pada 15 Mei 2016 dan keluarga berharap jenazah bisa dipulangkan ke Indonesia.

"Sedang ditangani, kemarin saya sudah sampaikan bahwa dalam hal menangani ada kejadian seperti ini maka kita sudah memiliki satu prosedur tetap yang sangat baku untuk melakukan proteksi dan memperjuangkan hak-hak (warga negara)," katanya.

Ia menegaskan bahwa proses pemulangan jenazah WNI dari Uruguay saat ini sedang ditangani oleh jajarannya di Direktorat Perlindungan WNI Kemenlu.

Faozi bekerja pada kapal nelayan milik perusahaan Dalian International Cooperation Pelagic Fisheries Co. Ltd asal Tiongkok.

Perusahaan itu beberapa kali meminta izin kepada perusahaan penyalur di Jakarta melalui email untuk bisa melarung jenazah Faozi ke laut.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016