Hanoi (ANTARA News) - Amerika Serikat telah sepenuhnya mencabut larangannya terhadap penjualan senjata kepada Vietnam, ungkap Presiden Barack Obama dalam kunjungan ke Hanoi pada Senin.

“AS sepenuhnya mencabut larangan penjualan peralatan militer ke Vietnam yang telah diberlakukan selama sekitar 50 tahun,” katanya dalam konferensi pers gabungan bersama dengan Presiden Vietnam Tran Dai Quang seperti dikutip AFP.

Kedua negara dengan waspada mengawasi peningkatan militer Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan yang disengketakan.

Namun, Obama ingin memisahkan keputusan untuk mengizinkan penjualan senjata ke negara komunis itu dari masalah bersamanya terkait klaim Beijing di perairan bersengketa.

“Keputusan untuk mencabut larangan itu bukan karena Tiongkok… tetapi karena kami ingin menyelesaikan proses normalisasi dengan Vietnam,” katanya.

“Pada tahap ini, kedua belah pihak sudah mengembangkan tingkat kepercayaan dan kerja sama, termasuk militer kami,” tambah sang pemimpin AS.

Pemimpin Vietnam Quang menyambut pencabutan larangan senjata mematikan yang ditetapkan pada era Perang Dingin.

Kunjungan tiga hari Obama ke Vietnam terjadi 41 tahun setelah tentara Vietnam Utara dan sekutunya Viet Cong masuk Saigon, mempermalukan negara adidaya tersebut.

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016