Jakarta (ANTARA News) - Jose Mourinho telah mengidentifikasi Andre Gomes, Joao Mario, John Stones, Alvaro Morata, Mauro Icardi dan Ezequiel Garay sebagai target-target pembelian pemain oleh Manchester United pada musim panas ini yang dianggarkan minimal menghabiskan 150 juta pound (Rp2,96 triliun).

Orang Portugal yang hampir pasti menggantikan Louis van Gaal sebagai manajer MU itu kemungkinan akan membedah total skuad United yang justru akan menaikkan semangat para pemain yang selama ini kurang bahagia di bawah Van Gaal, terutama David de Gea, Michael Carrick dan Ander Herrera.

Tetapi Juan Mata yang meski menciptakan gol pada final Piala FA Sabtu pekan lalu, bisa hengkang seperti ketika Mourinho menjual pemain asal Spanyol itu ke United pada Januari 2014 sewaktu menjadi pelatih Chelsea.

Mourinho diketahui meminati Stones yang ditaksir bernilai sekitar 40 juta pound (Rp791 miliar) yang pernah dia bidik untuk Chelsea dar Everton musim panas tahun lalu, dan akan bersaing dengan Manchester City untuk mendapatkan pemain Timnas Inggris itu.

United juga akan mengajukan tawaran kepada Juventus demi mendapatkan rekan satu tim Morata, bek kiri Alex Sandro,  dan Paul Pogba, bekas gelandang United. Namun Juve memasang harga 116 juta pound (Rp2,29 triliun) untuk masing-masing pemain, harga yang dirancang untuk memupus minat United.

Mourinho terkenal meminati pemain-pemain yang diageni oleh Jorge Mendes yang adalah juga agen Mourinho dan merupakan salah satu agen paling berkuasa dalam sepak bola dunia.

Di antara pemain yang diageni Mendes yang dibidik Mourinho adalah gelandang asal Portugal yang lagi memperkuat Valencia, Andre Gomes. Pemain berusia 22 tahun yang sudah lima kali membela Timnas Portugal dan mengantarkan Benfica juara liga Portugal pada 2014 ini dibanderol pada harga 40 juta pound (Rp791 miliar).

Joao Mario (23), gelandang asal Portugal yang bermain untuk Sporting, juga akan menjadi bidikan MU dan bertaksiran harga  27 juta pound (Rp533 miliar).  Ayah sang pemain, Joao Mario Eduardo, menyatakan harga Joao Mario lebih mahal dibandingkan harga 26,7 juta pound yang dibayarkan Bayern Muenchen kepada Benfica untuk Renato Sanches.

Jika minat Mourinhos kepada Gomes dan Joao Mario menjadi kenyataan, maka posisi Bastian Schweinsteiger akan terancam. Selama ini Schweinsteiger dan Carrick menjadi jangkar di lapangan tengah MU. Carrick sendiri sudah mengutarakan akan bertahan di MU, namun usianya yang Juli nanti menginjak 35 tahun sudah tak bisa diandalkan lagi untuk bermain dua kali dalam satu pekan.

Garay yang kini bermain di Zenit St Petersburg pernah berada di bawah asuhan Mourinho sewaktu di Real Madrid dan bek tangah berusia 29 tahun ini sudah 32 kali membela Argentina. Mourinho menjual dia ke Benfica. Garay bisa menjadi pilihan kedua setelah Stones.

Icardi yang menjadi kapten Inter Milan juga diincar Mourinho, jika dia gagal menggaet Morata.

Sementara itu De Gea yang pernah mengancam hengkang jika Van Gaal tetap melatih MU, telah menyatakan akan bertahan jika Mourinho melatih MU.

Gaya manajemen yang aneh dari Van Gaal memang membuat banyak pemain MU yang tidak puas, bahkan Carrick pernah berpikir untuk pindah klub jika Van Gaal tetap di MU.  Namun kedatangan Mourinho ke MU telah mengubah pendirian Carrick dan De Gea. Pandangan kedua pemain adalah cermin keinginan hampir seluruh anggota skuad MU, termasuk Ander Herrera yang berharap Mourinho membawa angin segar.

Jika De Gea bertahan maka ini menjadi keberhasilan besar MU mengingat penjaga gawang Timnas Spanyol itu hampir bergabung dengan Real Madrid pada akhir jendela transfer  Agustus silam, demikian The Guardian.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016