Persiapan Olimpiade Rio sudah dari jauh-jauh, titik utama kami Thomas dan Olimpiade, sampai Agustus fokus kami Olimpiade,"
Tangerang (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyatakan usai pergelaran Piala Thomas dan Uber pihaknya akan fokus untuk persiapan menghadapi Olimpiade Rio de Jeneiro Brasil 2016 hingga Agustus.

"Persiapan Olimpiade Rio sudah dari jauh-jauh, titik utama kami Thomas dan Olimpiade, sampai Agustus fokus kami Olimpiade," ujar Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin.

Sejumlah atlet, tutur dia, juga akan mempersiapkan diri untuk mengikuti pergelaran Indonesia Open yang digelar pekan depan.

Terkait dengan pencapaian Tim Thomas dan Uber, ia mengaku bangga meski belum berhasil membawa pulang piala itu.

"Walau belum berhasil meraih Piala Thomas, saya cukup bangga kepada Tim Thomas dan Uber, mungkin belum saatnya. Kami yakin dengan upaya ke depan bisa lebih membawa kebanggaan untuk kita semua," kata Gita.

Selain itu, ia menilai dari pergelaran dua tahunan itu, pemain lain mempertimbangkan keberadaan pemain muda putra dan putri Tanah Air.

PP PBSI akan memberikan pengakuan dan penghargaan atas pencapaian Tim Thomas dan Uber Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Juru Bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto mengatakan pemerintah berharap bulu tangkis dapat menyumbang emas dalam Olimpiade.

"Pemerintah meletakkan di pundak para pemain, Olimpiade tradisi emas disumbangkan dari bulu tangkis. Semoga dapat tercapai. Selamat datang dan berjuang" ujar dia.

Sepuluh atlet bulu tangkis Indonesia yang akan berjuang di Olimpiade Rio adalah Tommy Sugiarto pada tunggal putra, Linda Wenifanetri pada tunggal putri, pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan pada ganda putra, atlet ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, serta dua pasangan atlet ganda campuran, yaitu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto.

Pewarta: Dyah DA
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016