Jenewa (ANTARA News) - Badan sepak bola dunia (FIFA) memecat direktur keuangan dan deputi sekretaris jenderal Markus Kattner karena kedapatan menerima uang suap jutaan dolar AS setelah dilakukan penyelidikan internal.

Kattner terindikasi menerima suap selama lebih dari enam tahun terhitung dari tahun 2008  sampai dengan 2014, sebagaimana diungkapkan oleh sumber yang dekat dengan FIFA pada Senin waktu setempat, sebagaimana dikutip dari laman Sport Illustrated.

"Kami tidak memahami mengapa pembayaran itu dilakukan," kata sumber yang menolak disebutkan jati dirinya dengan alasan proses investigasi itu masih berlangsung dan bersifat rahasia.

Kattner menjabat sebagai direktur keuangan FIFA sejak 2003. Ia banyak diberi kewenangan administratif untuk badan sepak bola dunia itu sejak Valcke terkena suspensi setahun lalu.

"Markus Kattner dibebastugaskan  dari posisinya," demikian salah satu butir kesepakatan FIFA yang dirilis pada Senin (23/5).

FIFA juga mengangkat pejabat keuangan PBB Fatma Samoura untuk segera bekerja sebagai sekretaris jenderal pada bulan depan.  

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016