Jeddah (ANTARA News) - Menteri luar negari Arab Teluk dan timpalan mereka dari Kanada pada Senin (23/5) sepakat untuk memperkuat "kerja sama" dalam memerangi kelompok ISIS dan kelompok bersenjata lain, kata mereka dalam satu pernyataan.

Menteri-menteri dari Dewan Kerja Sama Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC) yang beranggotakan enam negara sepakat dengan Menteri Luar Negeri Kanada Stephane Dion mengenai perlunya "mengeringkan" sumber-sumber pendanaan untuk kelompok-kelompok bersenjata.

"Pertempuran melawan Daesh (akronim Arab dari ISIS) dan berbagai organisasi teroris lainnya bukanlah perang agama atau berkaitan dengan agama atau sekte melainkan perang melawan teror," tambah mereka seperti dilansir kantor berita AFP.

Mereka sepakat "memperkuat kerja sama... untuk memberantas terorisme", termasuk "menggandakan upaya untuk membendung aliran petempur teroris asing" ke Suriah dan Irak.

Pernyataan bersama berbahasa Arab itu dirilis setelah "dialog strategis" antara Dion dan menteri-menteri GCC di kota Laut Merah Arab Saudi, Jeddah.

Pernyataan tersebut, yang dipublikasikan setelah serangan mematikan ISIS di Suriah dan Yaman pada Senin, mengutuk "kejahatan brutal yang dilakukan Daesh dan kelompok-kelompok teroris lainnya."

Pernyataan itu juga dikeluarkan setelah Dion pada Sabtu mengumumkan pakta keamanan Kanada dengan Tunisia, selama tiga tahun pada tahap awal, untuk mendukung perang negara Afrika Utara tersebut melawan "terorisme."

Para menteri juga menyuarakan dukungan bagi usaha  pemerintahan Irak "untuk mempertahankan keamanan dan stabilitas", mendesak pembentukan pemerintahan "komprehensif" di sana untuk "memperkuat kemampuan pasukan keamanan Irak dalam perang mereka melawan Daesh".

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016