Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengingatkan para generasi muda untuk lebih memahami dan mengamalkan Pancasila serta nilai-nilai luhur bangsa.

"Pancasila sebenarnya adalah hasil penggalian kembali dari karakter asli bangsa Indonesia hanya sedikit terlupakan saja apalagi pasca reformasi bergulir dan implementasinya saja yang agak kurang," ujar dia dalam acara Muktamar XVII Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Jakarta, Selasa, seperti dalam keterangan tertulis MPR.

Zulkifli juga menyoroti pentingnya implementasi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang perlu diperhatikan lagi.

Menurut dia, kesenjangan antara yang kaya dan miskin makin terasa. Kemudian, dalam konteks negara masih timpang kemajuan antar satu daerah dan daerah lainnya.

"Keadilan sosial bagi seluruh rakyat baru terwujud jika pembangunan nasional secara adil menyentuh selruuh bagian wilayah Indonesia dan Alhamdulillah sekarang pemerintah berusaha mewujudkan itu dengan berbagai pembangunan infrastruktur yang terus digalakkan," kata dia.

MPR pun, lanjut dia berperan mendorong kemajuan negara Indonesia. Salah satunya dengan mengkaji sistem haluan negara hasil dari aspirasi rakyat dan berusaha agar sistem haluan negara terbentuk sebab haluan negara akan berakibat baik.

"Generasi muda harus paham, Pancasila tidak harus dihafal tapi diresapi dan dimengerti. Pancasila juga bukan kata kerja tapi kata sifat harusnya menjadi sifat bangsa Indonesia. Pancasila juga memiliki arti cinta kasih, toleransi dan gotong royong," tutur Zulkifli.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016