Medan (ANTARA News) - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengalami erupsi pada Selasa, pukul 10.19 WIB yang menyebarkan awan panas.

Ketika dihubungi Antara di Medan, Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Sinabung M Nurul Asrori mengatakan erupsi itu menyebarkan awan panas yang meluncur ke arah selatan dan tenggara sejauh 1.000 meter.

Ke arah timur, awan panas tersebut meluncur hingga 2.500 meter.

Namun pihaknya tidak mengukur ketinggian kolom abu vulkanik yang menyembur ketika erupsi tersebut berlangsung. "Ketinggian tidak terbaca karena tertutup kabut," katanya.

Petugas PVMBG Pos Sinabung belum mendeteksi adanya erupsi susulan dari gunung berapi itu.

Sebelumnya, Gunung Sinabung mengalami erupsi pada Sabtu (21/5) sambil mengeluarkan awan panas.

Awan panas tersebut membakar sembilan warga yang memasuki Desa Gamber, Kecamatan Simpang Empat yang menyebabkan tujuh orang tewas.

Tujuh warga yang tewas itu adalah Karman Meliala (60), Irwansyah Sembiring, Nanin beru Sitepu (50), Leo Perangin-angin (25),Mulia Ginting (45), Ersada Ginting (55), Ibrahim Sembiring (51) yang keseluruhannya warga Desa Gamber.

Dua warga lagi dalam kondisi kritis yakni cahaya Sembiring (57) dan Cahaya beru Tarigan (45) yang kini dirawat di RSUP Adam Malik di Medan. 

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016