Lumajang, Jawa Timur (ANTARA News) - Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang Purwanto mengatakan dua orang pendaki asal Cirebon yang hilang di puncak Gunung Semeru ditemukan selamat oleh Tim SAR Gabungan.

Mereka ditemukan Selasa ini dalam kondisi tubuh lemah pukul 16.05 WIB di kawasan air terjun Boto, Tawonsongo, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang.

Kedua pendaki itu berasal dari rombongan yang terdiri dari enam orang yang diketuai Sukron. Mereka berangkat dari Ranu Pani di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Selasa pekan lalu lalu menuju Ranu Kumbolo.

Keesokan harinya, Rabu, rombongan berangkat dari Ranu Kumbolo ke Pos Kalimati untuk selanjutnya ke Mahameru keesokan harinya.

Kemudian sampai batas vegetasi, dua orang turun ke Kalimati karena sakit dan empat orang melanjutkan perjalanan ke puncak. Pada pukul 08.00 WIB tiba di Watugedhe dan kemudian beristirahat.

Kedua orang melanjutkan perjalanan ke puncak Semeru, namun kabarnya mereka tidak kuat mendaki ke Mahameru dan memutuskan untuk turun.

"Ketua rombongan awalnya menunggu di Watugedhe, namun dua orang tersebut juga tidak turun hingga mereka turun ke Kalimati dan melaporkan kepada komunitas Sahabat Volunter Semeru (saver) tentang hilangnya dua kawannya itu," kata Purwanto pekan lalu.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016