SDM Metrologi yang berkualitas menjadi kebutuhan utama yang sangat menentukan daya saing perekonomian suatu negara terutama dalam konteks perdagangan bebas karena berkaitan dengan kualitas produk industri negara tersebut,"
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan menyatakan sumber daya manusia (SDM)bidang metrologi yang berkualitas akan mampu meningkatkan daya saing suatu negara, namun, saat ini hal tersebut masih terkendala karena kurangnya penyediaan SDM metrologi yang berkualitas.

"SDM Metrologi yang berkualitas menjadi kebutuhan utama yang sangat menentukan daya saing perekonomian suatu negara terutama dalam konteks perdagangan bebas karena berkaitan dengan kualitas produk industri negara tersebut," kata Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan, Syahrul Mamma, di Jakarta, Selasa.

Syahrul mengatakan, saat ini di Indonesia, universitas yang ada sebagai lembaga pendidikan tertinggi mempunyai peran penting dalam menyediakan SDM metrologi yang berkualitas. Namun, hanya sedikit universitas di Indonesia yang memiliki jurusan atau fakultas metrologi.

"Sedikitnya universitas yang mempelajari metrologi secara khusus dikarenakan belum dikenalnya istilah dan kegiatan metrologi di masyarakat. Selanjutnya menjadi tugas kita bersama untuk membumikan pemahaman metrologi di dalam masyarakat," kata Syahrul.

Syahrul menambahkan, kebutuhan SDM metrologi sangat tinggi baik pemerintahan maupun di industri, mengingat banyaknya potensi industri manufaktur yang masih akan terus berkembang. Dan dengan SDM metrologi yang berkualitas, maka juga akan mampu meningkatkan kualitas kemajuan metrologi.

"Kualitas metrologi suatu negara merupakan sebuah barometer tingkat kesejahteraan masyarakat dan menjadi gambaran mengenai perkembangan teknologi dari negara tersebut," katanya.

Dia menjelaskan, berdasarkan The Global Competitiveness Index (CGI) 2014-2015 saat ini tingkat daya saing Indonesia berada di peringkat 34 dari 144 negara di bawah Singapura, Malaysia dan Thailand.

Indonesia sebagai negara dengan populasi terbanyak ke empat di dunia memiliki pasar yang sangat luas dan terbuka lebar sudah seharusnya mulai membangun sistem perekonomian yang terintegrasi dengan dunia pendidikan, sehingga semua kebutuhan SDM di lapangan dapat terpenuhi dan tepat guna.

"Menguasai seluk-beluk pengukuran atau metrologi di bidang perindustrian merupakan suatu kebutuhan untuk memperoleh hasil atau produk yang berkualitas dengan biaya yang relatif rendah dan membuat sistem kerja industri yang produktif, efektif serta efisien," kata Syahrul.

Metrologi adalah ilmu pengetahuan tentang ukur mengukur secara luas yang meliputi semua aspek pengukuran praktis dan teoritis. Dalam aplikasinya metrologi memiliki sinergi dengan ilmu pengetahuan yang lain terutama yang berkaitan dengan ketidakpastian pengukuran dan bidang penerapan metrologi.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016