Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 53 kreator dijadwalkan mengikuti festival industri kreatif terbesar atau Popcon Surabaya 2016 untuk menunjukkan hasil karya mereka di tingkat nasional dan internasional.

Co-founder Popcon Asia Grace Kusnadi, di Surabaya, Selasa mengatakan nantinya akan ada sebanyak 53 kreator yang akan ikut ambil bagian dalam kegiatan ini untuk menunjukkan hasil karya mereka.

"Para kreator yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini merupakan kreator lokal yang memiliki karya-karya yang cukup bagus dan layak untuk dikenal secara internasional," katanya saat temu media di Surabaya.

Ia mengemukakan kegiatan Popcon Surabaya 2016 pertama kalinya dilaksanakan di luar Jakarta sejak digelar tahun 2012.

"Ini pertama kalinya Popcon merambah daerah, supaya kreator Jawa Timur sempat memamerkan karyanya sebelum ke Jakarta," katanya.

Ia mengatakan, Popcon Surabaya rencananya diadakan pada 4-5 Juni di Gedung Siola dan mengambil tema "City of Superheroes".

"Kreator-kreator Surabaya dan kota-kota di Jawa Timur lainnya, diharapkan mendapat wadah di ajang ini. Dengan adanya Popcon di Surabaya, harapannya bisa melihat potensi kreator dan membantu mereka membuka pasar," katanya.

Ia mengatakan, Popcon Surabaya dapat terselenggara berkat dukungan penuh dari komunitas kreatif Kota Pahlawan, termasuk Wali Kota Tri Rismaharini.

Tahun lalu, lanjut dia, Wali Kota Surabaya Risma menyempatkan diri mampir ke Popcon Asia di Jakarta untuk melihat kegiatan ini.

"Kemudian bu Risma minta dibantu Popcon diadakan di Surabaya supaya Surabaya bisa tumbuh sebagai kota kreatif dan menjadi pusat kreator dari seluruh Jawa Timur," katanya.

Ia mengatakan, Popcon Surabaya nantinya akan dibuat semirip mungkin dengan Popcon Asia mulai dari konsepnya yang berupa bazaar tempat bertemunya ribuan pelaku industri kreatif.

"Ada juga business meeting dan portfolio review untuk mencari talenta baru. Sehingga teman-teman tidak perlu mendaftar online," katanya.

Ia mengatakan, minat anak-anak muda Indonesia terhadap industri kreatif meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2012, festival itu hanya menampung sekitar 70 stan kreator. Tahun ini, jumlah stan kreator di Popcon Asia pada Agustus mendatang, mencapai sekitar 200 kreator.

"Untuk Surabaya ada 53 stan kreator yang diharapkan mampu menjadi wadah baru bagi kreator yang ada di Surabaya untuk menunjukkan hasil karya mereka," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016