Sekaligus membantu tugas KPK dalam mengungkap korupsi."
Jayapura (ANTARA News) - Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo mengatakan Dewan Pers akan mengandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melatih wartawan dalam mengungkap kasus korupsi.

"Sekaligus membantu tugas KPK dalam mengungkap korupsi," kata Adi Prasetyo kepada wartawan di sela sela pelatihan sehari yang dilaksanakan Dewan Pers di Jayapura, Selasa.

Dikatakan, selain mengandeng KPK, Dewan Pers secara rutin melakukan pelatihan kepada wartawan khususnya tentang peliputan korupsi.

Pelatihan yang diberikan Dewan Pers itu bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan terkait korupsi sehingga tidak digugat secara hukum.

"Selama pelatihan diberikan dasar-dasar sehingga nantinya wartawan memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk mengembangkan liputan korupsi," kata Stenly, panggilan akrab Adi Prasetyo.

Dewan Pers juga mengajak wartawan untuk bekerja sama dengan jaringan yang ada.

Dewan pers akan memberikan bantuan kepada wartawan yang dalam melaksanakan tugas peliputan untuk mengungkap korupsi mengalami hambatan.

"Bantuan itu diberikan kepada media yang berbadan hukum jelas dan anggotanya berkompeten," katanya.

Pelatihan peliputan khusus korupsi yang dilaksanakan Dewan Pers di Jayapura diikuti sekitar 30 wartawan. Pelatihan sehari itu menghadirkan narasumber Bagir Manan dan Leo Batubara.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016