Kendari (ANTARA News) - Word Wildlife Fund (WWF)-Indonesia, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan mendorong penataan kawasan konservasi perikanan daerah (KKPD) di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pimpinan WWF-Indonesia Bidang Kerjasama Muhammad Ridha Hakim di Kendari, Selasa, mengatakan Indonesia sebagai negara maritim terbesar harus menata lautnya sehingga pemanfaatan hasil perikanan terus berkelanjutan dan bermartabat.

"WWF-Indonesia terus ambil bagian dalam pelestarian habitat ikan sehingga populasi ikan dan biota laut lainnya tetap terjaga," kata Muhammad Ridha dalam sesi diskusi dengan awak media setempat.

Di Sultra, kata dia, pencadangan kawasan konservasi di tiga daerah yakni Kabupaten Konawe Selatan, Konawe dan Kota Kendari harus diperkuat dengan kebijakan pemerintah setempat.

"Daerah-daerah atau kabupaten sekitarnya diharapkan ambil bagian untuk mendukung pencadangan kawasan konservasi, antara lain, kampanye menangkap ikan ramah lingkungan," kata Ridha didampingi pimpinan WWF-Indonesia-Sultra Sugiyanta.

Sugiyanta menambahkan penataan kawasan konservasi perikanan daerah patut menjadi prioritas mengingat sumber daya ikan di daerah ini makin menipis.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra Askabul Kijo mengatakan pemerintah daerah memberi perhatian serius penataan kawasan konservasi perikanan.

"Sosilisasi ke pemerintah daerah dan masyarakat, khususnya komunitas pesisir tentang penataan kawasan konservasi terus dilakukan," kata Askabul.

Pewarta: Sarjono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016