Istanbul (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan pada Selasa (24/05) kecewa para pemimpin tinggi dunia tidak hadir dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) Kemanusiaan pertama di Istanbul.

AFP melaporkan, Ki-moon menilai KTT Kemanusiaan adalah tindakan politik yang konkret diperlukan saat ini.

KTT Kemanusiaan Dunia yang digelar selama dua hari itu prihatin dengan pengumuman dari penggalangan dana baru untuk anak-anak yang mencari dana sebesar hampir empat miliar dolar AS (sekitar Rp79,7 triliun) untuk membantu mendidik anak-anak di negara konflik dan Grand Bargain untuk merampingkan kerja antara donor dan badan bantuan.

Para partisipan juga mengakui perlunya berfokus pada pengembangan dan pencegahan untuk menghentikan konflik dan bencana.

Selebriti seperti Daniel Craig dan Sean Penn hadir dalam acara itu, demikian pula Angela Merkel dan tuan rumah Recep Tayyip Erdogan. Pemimpin lainnya tak hadir.

“Seruan itu didengar dan diperhatikan. Kami bisa bangga dengan apa yang sudah kami capai,” kata Ban dalam konferensi pers penutupan dengan Erdogan.

“Sangat disayangkan beberapa pemimpin dunia tidak bisa hadir di sini, khususnya mereka dari negara G7,” kata Ban.

“Mereka adalah beberapa donor paling murah hati tapi saya mengimbau keterlibatan lebih besar dalam pencarian solusi politik.”

Pernyataan Erdogan lebih pedas, mengatakan “kita menutup mata pada masalah kemanusiaan yang ada di hadapan kita.”

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016