Bandung (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Barat H Deddy Mizwar optimistis dalam beberapa waktu ke depan sponsor bagi penyelenggaraan PON XIX/2016 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jabar akan bertambah dan banyak peluang keuntungan yang bisa diraih dari perhelatan itu.

"Saat ini telah ada beberapa sponsor, termasuk sponsor utama juga media partnernya. Setelah iklan layanan masyarakat (ILM) "Berjaya di Tanah Legenda" diluncur jumlah sponsor akan bertambah dan masyarakat semakin tahun perhelatan PON di Jabar," kata Deddy Mizwar di Bandung, Rabu.

Menurut Deddy, PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 merupakan perhelatan besar nasional dan menjadi ajang promosi produk. Selain itu juga menjadi ajang sinergi untuk mensukseskan proses pembinaan dan pencetakan prestasi olahraga nasional.

Beberapa sponsor sudah menandatanganan komitmen untuk mendukung penyelenggaraan PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 yang digelar Jabar setelah menunggu selama 50 tahun sejak PON V tahun 1961.

Ia menegaskan ajang PON XIX/2016 cukup strategis untuk berpromosi, terutama bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang olahraga muapun sektor lainnya karena PON menggerakan berbagai sektor di masyarakat.

"Jabar akan berusaha maksimal agar PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 menjadi perhatian nasional, semua tertuju ke momen itu. Apa yang gini bukan sebuah peluang untuk promosi dan bersinergi," katanya.

Menurut dia, sebanyak 16.000 anggota kontingen dan offisial dipastikan hadir di Jawa Barat, selain itu juga supporter dari 34 provinsi di Indonesia akan hadir pada kegiatan yang akan digelar secara menyebar di 16 kabupaten/kota di Jabar itu.

Menurut dia banyak space yang bisa dimanfaatkan oleh dunia usaha dan industri untuk menjadi sponsor dan meraih keuntungan dan peluang dari kegiatan olahraga empat tahunan itu.

"Anggaran PON XIX/2016 sudah aman dan teranggarkan, namun kegiatan sponsorship juga diperlukan untuk membiayai beberapa kegiatan pendukung penyelenggaraan pertandingan itu, dan mendukung lahirnya legenda-legenda baru olahraga yang akan mengharumkan bangsa dan negara di masa depan," kata Deddy.

Ia menyebutkan, tim Promosi dan Usaha (PDU) PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 Jabar beserta tim kreatifnya terus melakukan sosialisasi dan pendekatan untuk menjaring sponsor. Bahkan tim PDU telah menyiapkan space-space bagi sponsor di ajang pertandingan yang bisa dimanfaatkan untuk berpromosi kepada masyarakat.

Sementara itu PT Bank Pembangunan Daerah Jabar Banten (Bank BJB) telah dipastikan menjadi salah satu sponsor utama dari perhelatan olahraga nasional itu. Bank yang kini masuk ke jajaran 15 besar bank terbesar nasional itu telah menandatangani komitmen dengan PB PON XIX/2016 untuk mendukung penyelenggaraannya.

"Ya kami siap," kata Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan sambil mengacungkan jempolnya.

Sementara itu untuk media center, hingga saat ini masih terus dimatangkan. Rencananya ruangan untuk awak media menyebar luaskan kegiatan dan pertandingan PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 Jabar itu akan ditempatkan di Ballroom Trans Luxury Hotel Kota Bandung.

Media Center itu rencananya akan didukung oleh internet berkecepatan tinggi dari Telkom untuk menjamin kelancaran penggunaan data internet.

Fasilitas yang akan menjadi etalase PON XIX/2016 itu akan dilengkapi dengan ruang kerja awak media, ruang siaran, ruang pengiriman gambar atau rekaman video, ruang press conference, kesehatan serta berbagai fasilitas lainnya.

Penyelenggaraan PON XIX/2016 Jabar akan berlangsung di 16 kabupaten/kota di Jabar yang akan berlangsung 17-19 September 2016. Sedangkan Peparnas XV/2016 Jabar akan berlangsung 15-24 Oktober 2016 yang dipusatkan di Kota Bandung.

PON XIX/2016 Jabar mengusung tema besar "Berjaya di Tanah Legenda" dengan logo senjata "Kujang" serta maskot sepasang primata surili yang dinamai Lili dan Lala.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016