Sejak puluhan tahun Pramuka memiliki sejarahnya tersendiri dan telah memberikan bukti nyata dalam pembentukan karakter dan pengembangan wawasan anak-anak muda kita dan sejumlah keterampilan dapat diaplikasikan ke masyarakat, tentu sangat diperlukan,"
Ambon (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menilai Perkemahan Pramuka Nasional Madrasah Ke-II di Liang Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku sangat strategis karena Pramuka sebuah gerakan di kalangan remaja dan pemuda.

"Sejak puluhan tahun Pramuka memiliki sejarahnya tersendiri dan telah memberikan bukti nyata dalam pembentukan karakter dan pengembangan wawasan anak-anak muda kita dan sejumlah keterampilan dapat diaplikasikan ke masyarakat, tentu sangat diperlukan," kata Menteri usai acara pembukaan, di Ambon, Rabu.

Menteri mengatakan, gerakan Pramuka telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam mempersiapkan generasi muda untuk masa yang akan datang. Karena itu Kementerian Agama memandang bahwa Pramuka adalah sesuatu yang amat sangat strategis.

"Gerakan pramuka tidak hanya dikembangkan di kalangan Madrasah, Santri, Perguruan Tinggi tetapi di semua tingkatan, apalagi dalam konteks kekinian semakin sedikit bahkan nyaris tidak ada lagi forum dimana para remaja kita berkumpul dari berbagai ragam suku, etnis, bahasa di penjuru wilayah Tanah Air kita bertemu bersama untuk saling mengenali dan berbagai di antara mereka," katanya.

Apalagi, kata Menteri pramuka banyak sekali berisi ajaran-ajaran yang semuanya mengacu pada Dasa Dharma nilai-nilai yang selama ini pertunjukan.

"Jadi, ini adalah kegiatan yang sangat strategis dan saya ingin menekan, bahwa kali ini sengaja kami pilih Maluku sebagai sebuah provinsi yang sangat kaya potensi lautnya, dan menunjukkan kepada remaja-remaja kita bahwa kekayaan alam kita sangat luar biasa, sehingga sudah saatnya kita harus lebih akrab dengan alam," pintanya.

"Kita sudah terlalu banyak menerima dari alam, maka saatnya kita juga memberi kepada alam yakni lingkungan yang kondusif supaya bisa hidup berkembang sebagaimana mestinya, tidak sebaliknya justru kita sudah banyak menerima dari alam, tetapi hutan-hutan dirusak, gunung-gunung digundul dan lautan dicemari," tandas Menteri.

"Jadi pada kesempatan ini perlu digaris bawahi bahwa sebagai generasi muda yang sadar lingkungan dalam konteks kekinian semakin penting untuk menjadi perhatian kita," tambahnya lagi.

Menteri mengatakan ada beberapa kegiatan yang dikemas dalam perkemahan ini, untuk merespon tantangan dari remaja-remaja saat ini yang semakin kompleks, seperti ancaman terhadap narkoba, pornografi, minuman keras yang mudah diakses di mana-mana.

"Ini semua tidak semata kita mengandalkan lingkungan tetapi regulasi perlu ditingkatkan dan peran orangtua memberikan perhatian kepada perkembangan anak-anak remaja kita," kata Menteri.

Oleh karena itu, Kementerian Agama memantapkan nilai-nilai yang selama ini telah dijaga dan dipelihara dengan baik oleh pramuka, dan tentu ada penambahan materi terkait dengan konteks, situasi dan kondisi kekinian.

"Prinsip-prinsip dasar nilai-nilai yang selama ini ditanamkan oleh Pramuka masih relevan bahkan memiliki tingkat urgensi dan relevansi yang semakin tinggi," ujar Menteri Lukman Hakim.

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016