Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 40 jenis karya seni busana akan digunakan 1.150 seniman dan penari yang akan mengisi acara upacara pembukaan PON XIX/2016 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung pada 19 September 2016.

"Ada 40 jenis karya busana yang akan dikenakan pada acara pembukaan PON XIX/2016, semuanya berkonsep dari unsur gunung, rimba, laut, pantai dan sungai atau Gurilaps." kata Koordinator Penata Artistik Bidang Upacara PB PON XIX/2016 Jabar, Joko Kurnain di Bandung, Rabu.

Konsep Gurilaps yang digagas Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar itu untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Jabar menjadi titik awal di dalam menentukan konsep visual opening ceremony PON 2016.

"Seluruh karya busana itu untuk melahirkan ungkapan rasa syukur dalam bentuk upacara ritual pada masyarakat agraris, selanjutnya berkembang menjadi kesenian," katanya.

Menurut dia, rasa syukur itu menjadi pemicu semangat dalam mengeksplorasi keindahan alam serta ragam seni budaya yang ada di Jawa Barat.

Lebih lanjut Joko menyebutkan, semua karya yang akan tampil merupakan refleksi dari kearifan lokal yang ditandai dengan rasa syukur dan penghormatan atas keindahan alam sebagai sumber kehidupan yang mesti dipelihara dan dijaga.

"Dari 40 jenis busana itu tiga diantaranya terdiri dari Ngarot, Kostum Ronggeng Gunung dan Nadran Laut," katanya.

Koordinator Teknik Kostum, Muhammad Tafip mengatakan untuk Ngarot akan digunakan oleh 100 penari perempuan sebagai bagian dari proses inisiasi perubahan fase dalam kehidupan dengan kostum dasar yang dilengkapi dengan kipas besar dan properti yang dirancang agar lebih indah.

Kemudian kostum Ronggeng Gunung, kata dia akan digunakan 30 penari laki-laki dengan konfigurasi sarung yang atraktif dan dikemas asesoris yang sederhana.

Sedangkan Nadran Laut akan digunakan sekitar 50 penari perempuan yang berasal dari Cirebon dengan ciri laut.

"Ini hanya sebagian kecil dari kekayaan alam Jabar. Karena dari Gunung sampai Laut berbeda-beda cara upacaranya," terangnya.

Eksplorasi artistik yang dipadukan dengan kearifan budaya lokal ini rencananya akan ditampilkan tepat sebelum pelaksanaan penyalaan obor Api PON XIX/2016 dan berlangsung sekitar satu jam lamanya.

"Kita berkolaborasi dengan beberapa bidang lainnya diantaranya koreografi, videografi, mutimedia dan lainnya sehingga menampilkan kesan yang memang mewakili lima unsur dari Gurilaps," katanya.

PON XIX/2016 Jabar akan digelar di Jawa Barat pada 17-29 September 2016 yang mempertandingkan 754 nomor pertandingan dari 44 cabang olahraga. Selain itu digelar pula 10 cabang olahraga eksibisi.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016