... mitra sudah cukup banyak. Pengembang-pengembang perumahan berskala sedang hingga besar sudah siap untuk bekerjasama...
Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom Indonesia Tbk menargetkan pada 2020 sebanyak 20 juta rumah terkoneksi ke jaringan pita lebar berbasis fiber optik atau fiber to the home (FTTH) IndiHome, dengan melakukan terobosan pembangunan jaringan melalui pola kemitraan.

"Saat ini jumlah pelanggan IndiHome mencapai 1,5 juta. Layanan triple play yang terdiri atas internet on fiber, UseeTV (IPTV) dan telepon rumah itu akan menembus 20 juta rumah tangga pada 2020," kata Direktur Layanan Pelanggan PT Telkom Tbk, Dian Rachmawan, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, target tersebut akan dicapai dengan melakukan terobosan pemasaran layanan melalui pola franchise.

Dalam konsep itu, PT Telkom Tbk membuka peluang kerja sama dengan mengundang berbagai pihak seperti pengembang properti dan pengelola jaringan akses yang bersedia membangun infrastruktur mulai dari titik Optical Distribution Cabinet hingga rumah pelanggan.

Adapun investasi untuk membangun satu jaringan infrastruktur IndiHome berkisar 300 dolar AS.

"Bagi investor yang menjadi mitra kami berikan IRR (Internal Rate of Return/tingkat pengembalian investasi) sebesar 21 persen dengan proyeksi di bawah lima tahun)," ujar dia.

Ia pun menjelaskan, perusahaan yang menjadi mitra harus melalui seleksi dengan ragam kriteria, misalnya memiliki reputasi yang baik, minimal memiliki potensi pasar membangun infrastruktur IndiHome untuk sekitar 500 rumah.

"Calon mitra sudah cukup banyak. Pengembang-pengembang perumahan berskala sedang hingga besar sudah siap untuk bekerjasama," ujarnya.

Kerja sama dengan mitra tersebut bukan hanya menguntungkan kedua belah pihak, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana masyarakat di seluruh Indonesia dapat menikmati infrastuktur pita lebar dan layanan digital berkualitas.

Pembangunan infrastruktur pita lebar sejalan fokus pemerintah yang memberi perhatian khusus pada percepatan pembangunan infrastruktur agar Indonesia lebih mampu bersaing baik di tingkat regional Asia Pasifik maupun di tingkat global.

Hingga triwulan I 2016, PT Telkom Tbk memiliki 4,197 juta pengguna pita lebar tetap, yang mencakup 1,35 juta pelanggan triple play IndiHome dengan tingkat penggunaan per pelanggan Rp326.000.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016