Jakarta (ANTARA News)- Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rawa Badak Utara yang terletak di wilayah Jakarta Utara.

"Keberadaan RPTRA di tengah-tengah lokasi permukiman penduduk dapat menumbuhkan kembali solidaritas sesama," kata Djarot usai meresmikan RPTRA Rawa Badak Utara, Jakarta Utara, Kamis.

Menurut dia, dengan kondisi Kota Jakarta yang saat ini mulai sibuk dan majemuk, ikatan solidaritas antar sesama pun dirasa sudah berkurang. Oleh karena itu, dibangun tempat berkumpul warga.

"Saat ini, solidaritas antar-sesama di Kota Jakarta sudah mulai sangat berkurang, karena kondisinya yang juga sibuk. Makanya, kami bangun RPTRA sebagai tempat memupuk solidaritas itu kembali," ujar Djarot.

Selain tempat untuk berkumpul warga, ia menuturkan keberadaan RPTRA dapat dimanfaatkan sebagai tempat bermain untuk anak-anak.

"Pembangunan RPTRA terus kami lakukan karena bisa menjadi tempat bermain yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Selain itu, ibu-ibu juga bisa memanfaatkan RPTRA sebagai tempat untuk berkreasi," tuturnya.

RPTRA Rawa Badak Utara dibangun di atas lahan seluas 2.000 meter persegi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain ruang pelatihan Cakra Kembar, PKK Mart, ruang baca Chesa, ruang sekretariat PKK, ruang laktasi dan dua toilet. Selain itu ada juga lahan hijau yang ditanami tanaman obat (herbal).

Djarot meminta kepada seluruh warga setempat agar menjaga dan merawat seluruh fasilitas yang ada di RPTRA tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat digunakan dalam waktu lama.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016