Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mempromosikan ajang ASIAN Games 2018 melalui road show ke berbagai daerah.

"Saat ini, kami sedang gencar mempromosikan ASIAN Games, yang akan diselenggarakan di Palembang dan Jakarta, promosi terutama di daerah-daerah," kata Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Kemenpora Jonni Mardizal di Senayan, Jakarta, Kamis.

Tujuan promosi ke daerah-daerah adalah, selain untuk membangkitkan gairah ASIAN Games untuk menghidupkan industri olahraga secara nilai ekonomi.

Ia menjelaskan bahwa secara industri, olahraga bisa menjadi ekonomi kreatif yang menjanjikan bagi masyarakat. "Bisa saja membuat merchandise, kemudian event organizer melirik untuk mengadakan kompetisi olahraga."

Dalam road show kali ini, Kemenpora memperkenalkan even ASIAN Games kepada anak-anak sekolah, dengan membagikan brosur yang berisikan cabang olahraga dan peran Indonesia di ajang tersebut.

Sebelumnya, Wakil Ketua KOI Muddai Madang mengatakan Sosialisasi Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang secara internasional akan dimulai dari Bangkok.

"Sosialisasi di Bangkok mencakup Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Laos. Wilayah itu saling berdekatan. Yang jelas, sosialisasi ini menggunakan sistem zona," kata mantan Ketua KONI Sumatera Selatan itu.

Setelah Bangkok, kata Muddai, pihaknya sudah menjadwalkan sosialisasi dengan kejuaraan olahraga empat tahunan terbesar di Asia tersebut di Qatar. Sosialisasi di wilayah ini mencakup kawasan teluk atau Timur Tengah.

"Untuk lokasi sosialisasi yang lain akan ditetapkan kemudian. Yang jelas sosialisasi Asian Games 2018 wajib dilakukan. Kami ingin seluruh kawasan Asia mengetahui jika Asian Games 2018 dilaksanakan di Indonesia," kata Muddai menambahkan.

Secara berurutan meski belum ditetapkan, sosialisasi Asian Games 2018 akan dilaksanakan di China atau kawasan Asia Tengah, Jepang atau Korea hingga wilayah Asia Selatan yang rencananya akan dilakukan di India.

Sosialisasi ini tidak hanya dilakukan diluar negeri, namun juga dilakukan di Tanah Air. Bahkan, rencananya pengenalan Asian Games 2018 juga akan dilakukan bersamaan dengan "touch relay". Ada 10 kita di Indonesia yang akan menjadi lokasi yang diantaranya adalah Bali.

Pewarta: Afut Syafril
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016