Pemilihan kata teroris Palestina menjadi pejuang Palestina itu juga merupakan upaya pelurusan fakta. Dari sini kita perlu perluas juga upaya melawan propaganda media yang terlalu berpihak menuding Palestina sebagai teroris,"
Jakarta (ANTARA News) - Konferensi Internasional Media Islam (ICIM) sepakat membentuk Aliansi Media Muslim Internasional atau IMMA dengan salah satu tujuannya melawan pemberitaan negatif tentang Palestina.

"Pemilihan kata teroris Palestina menjadi pejuang Palestina itu juga merupakan upaya pelurusan fakta. Dari sini kita perlu perluas juga upaya melawan propaganda media yang terlalu berpihak menuding Palestina sebagai teroris," kata salah satu pencetus ICIM Aat Surya Syafaat dalam jumpa persnya di Wisma Antara, Jakarta, Kamis.

Aat yang juga pemimpin redaksi Kantor Berita Antara mengatakan IMMA akan dipimpin satu kepemimpinan bersama yang dipilih secata musyawarah di antara anggotanya dengan masa kerja tiga tahun dalam satu periode.

Pembentukan IMMA tertuang di dalam Deklarasi Jakarta yang terdiri dari tujuh butur aksi lanjutan konferensi tersebut. Deklarasi tersebut merupakan hasil dari konferensi ICIM pada 25-26 Mei 2016 di Jakarta.

Deklarasi Jakarta, lanjut dia, juga ditekankan untuk memperkuat konsolidasi media Islam untuk perjuangan pembebasan Palestina. Dengan kata lain, kehadiran media Islam agar dapat secara nyata mengimbangi dominasi media Barat dan Zionis yang sering berat sebelah dalam memberitakan Islam, terutama soal Palestina.

Secara umum, kata Aat, poin kesepakatan konferensi antarmedia Islam internasional itu untuk menguatkan jejaring di antara media Islam dalam berbagai bidang untuk pembelaan kepentingan Islam dan Muslimin.

Lebih rinci, kerja sama itu seperti pertukaran berita dan pengutipan berita bebas biaya antarmedia Islam, pengembangan kompetensi SDM awak media dan penguatan korporasi media Islam.

Kemudian penguatan peran media dalam meningkatan pendidikan publik untuk tumbuhnya kesadaran tentang kesatuan umat Islam, peningkatan hubungan organisasi media Islam dengan berbagai organisasi yang berbasis kemasyarakatan dan dakwah Islam maupun organisasi lain yang peduli terhadap pembelaan kepentingan Islam dan Muslimin.

Selanjutnya, media Islam peserta ICIM sepakat untuk meningkatkan kampanye boikot terhadap produk-produk pro Zionis dan advokasi terhadap Muslim minoritas yang tertindas.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016