Makassar (ANTARA News) - SmartClub, salah satu gerai PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) dengan konsep toko grosir atau gudang rabat kini menyasar industri hotel dan kuliner di Makassar.

"Sebagai kota hub di kawasan Indonesia Timur, kami melihat bahwa industri hotel, dan kuliner seperti rumah makan, katering, warung dan kios juga tumbuh pesat. Kami ingin melayani industri ini dengan menyediakan barang yang lengkap dengan harga yang murah," kata Direktur Humas dan Komunikasi PT MPPA Tbk Danny Kojongian usai pembukaan secara resmi gerai SmartClub di Makassar, Kamis.

Menurut Direktur of Wholesale Operations SmartClub Emi Nuel, SmartClub di Makassar ini menelan investasi sekitar Rp25 miliar.

Sementara target omzet bulanan SmartClub Makassar diharapkan dapat mencapai Rp15 miliar per bulan.

"Itu target pesimis yah, kalau di Bulan Ramadhan ini, kita berharap bisa sampai Rp20 miliar per bulan," ujar Emi Nuel.

Khusus untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Emi Nuel mengatakan pihaknya telah menyiapkan program khusus yaitu program Tunda Bayar untuk membantu pengembangan usaha mereka.

"Kita melakukan kerja sama mikro financing dengan anak perusahaan Bank Permata, sehingga pelaku UMKM dapat memperoleh kredit super murah," kata dia.

Berbeda dengan kartu kredit yang memiliki bunga yang relatif tinggi, dengan sistem Tunda Bayar, bunga yang dikenakan sebesar 0,06 persen per hari.

"Artinya, bunga hanya sekitar 1,8 persen per bulan, dan kalau lebih cepat dibayar, bunganya lebih rendah, ini akan sangat membantu cash flow usaha kecil," katanya.

Fasilitas ini tanpa jaminan, tetapi para pelaku harus lulus verifikasi dari pihak pembiayaan sebelum memperoleh fasilitas ini.

Meski baru dibuka, menurut Emi, sudah terdapat 15 ribu anggota SmartClub di Makassar, yang nantinya akan memperoleh fasilitas point, informasi terbaru, dan smart club online.

"Dengan hadirnya SmartClub kita berharap konsumen akan semakin dimanjakan, karena semakin banyak pilihan," pungkasnya.

PT MPPA Tbk adalah salah satu peritel terbesar di Indonesia yang mempekerjakan 30 ribu karyawan yang melayani pelanggan di 110 gerai Hipermarket, 23 Supermarket, 50 minimarket, 105 gerai kesehatan dan kecantikan dan 2 gerai grosir.

Pewarta: Nurhaya J Panga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016