Mari lah kita lihat bagaimana kita bisa mengurangi konsumsi tembakau, yang menewaskan tak kurang dari enam juta orang di dunia setiap tahun. Sementara itu alkohol membunuh 3,3 juta orang."
Mexico City (ANTARA News) - Sedikitnya 66.000 orang meninggal di Meksiko setiap tahun akibat penyakit yang berkaitan dengan konsumsi tembakau.

Itu berarti lebih dari 180 perokok meninggal setiap hari, demikian data resmi yang disiarkan pada Kamis, lapor Prensa Latina-NNN.

Dalam acara Hari Tanpa Tembakau Dunia pada 31 Mei, para ahli sepakat bahwa sebelum melakukan pembahasan mengenai peraturan tentang bahan lain yang mengakibatkan kecanduan, seperti marijuana, tembakau harus dikendalikan, kata Prensa Latina. Tembakau, katanya, dikonsumsi oleh miliaran orang di dunia, termasuk oleh sebanyak 17 juta orang Meksiko.

"Mari lah kita lihat bagaimana kita bisa mengurangi konsumsi tembakau, yang menewaskan tak kurang dari enam juta orang di dunia setiap tahun. Sementara itu alkohol membunuh 3,3 juta orang," kata Erick Antonio Ochoa, Direktur Yayasan Jantung Antar-Amerika di Meksiko.

Sementara itu Juan Nunez, Koordinator Aliansi Nasional bagi Pengendalian Tembakau, menyatakan Meksiko menghadapi tantangan dan tanggung jawab untuk mengurangi wabah tembakau melalui peraturan yang efektif.
(T.C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016