Jakarta (ANTARA News) - Komisi X DPR RI meminta pemerintah meningkatkan target prestasi, khususnya dalam pencapaian medali emas pada SEA Games 2017 Malaysia.

"Kami meminta Kemenpora meningkatkan target prestasi atlet Indonesia di SEA Games 2017 meskipun sedang mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games 2018," ujar Ketua Komisi X DPR Teuku Riefky Harsya dalam rapat kerja dengan Kemenpora di Jakarta, Rabu (25/5).

Komisi X menilai Kemenpora belum menentukan target pasti medali yang ingin dicapai dalam pergelaran olahraga regional itu.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Komisi X Ferdiansyah meminta pemerintah menentukan target posisi di SEA Games dan ia mengusulkan menjadi peringkat kedua.

"Target juara dua bagaimana? Menjadi delapan besar target di Asian Games dengan fokus cabang olahraga dan nomor tertentu. Sasaran antara ini dulu," ujar dia.

Sejak 1999 hingga 2015, Indonesia baru sekali menjadi juara, yakni pada 2011 saat menjadi tuan rumah sehingga ia menilai akan sulit menjadi juara umum pada SEA Games 2017.

Apalagi, kata dia, pada SEA Games 2015 Indonesia hanya menempati peringkat kelima.

Menanggapi hal tersebut, Menpora Imam Nahrawi mengatakan pihaknya belum menentukan target posisi SEA Games 2017 karena ingin melihat perolehan medali di Olimpiade Rio 2016 terlebih dulu.

"SEA Games terkait perolehan medali Olimpiade, itu batu loncatan motivasi," kata dia.

Ia berpendapat tuan rumah memiliki peluang menjadi juara lebih besar karena dapat mengusahakan cabang olahraga yang akan menyumbangkan emas untuk negaranya.

Pewarta: Dyah Dwi A
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016