Jakarta (ANTARA News) - Manajer Timnas Inggris Roy Hodgson memastikan Marcus Rashford akan melakukan debut timnasnya melawan Australia Jumat malam nanti dan akan menjadi starter jika Daniel Sturridge tidak bugar.

Remaja 18 tahun yang mengesankan sejak masuk tim pertama United musim ini dan bisa saja mendapat satu tempat dalam skuad final Timnas Inggris untuk Euro 2016.

Wayne Rooney dipastikan tidak menjadi starter melawan Australia, sedangkan bek tengah Chelsea Gary Cahill juga bakal absen karena sedang pemulihan. Sebaliknya kiper Southampton Fraser Forster diisyaratkan tampil sejak awal.

Hodgson juga mengungkapkan gelandang Manchester City Fabian Delph menghadapi cedera selangkangan yang kemungkinan membuatnya absen pada Euro 2016.

Hodgson memasang Harry Kane dan Jamie Vardy dalam formasi serang ketika menang 2-1 dalam laga persahabatan melawan Turki di Etihad Stadium, namun menyatakan akan memberi ruang untuk opsi serangan lainnya pada pertandingan berikutnya.

"Jika Sturridge tidak bugar besok maka saya kira Anda harus memasukkan dia (Rashford) sejak awal pertandingan. Saya senang dengan hal itu, saya lebih dari yakin dia bisa mengatasi situasi itu," kata Hodgson.

Dia mengaku ingin mengistirahatkan Vardy dan Kane. Dan pilihanya adalah pada Sturridge, Rashford dan satu pemain lainnya.

"Karena yang dua absen, maka sangat jelas Rashford akan memainkan peran serius dalam pertandingan itu," kata Hodgson.

Dia menolak mengungkapkan pemain mana yang akan masuk skuad final 23 pemain untuk Euro 2016 karena segalanya akan berubah setelah dua pertandingan pemanasan melawan Australia dan Portugal.

"Banyak hal bisa terjadi dalam sepak bola dalam hitungan hari. Kami memiliki satu pertandingan yang harus dimainkan dan pertandingan kadang memberikan Anda situasi cedera. Kami harap tidak, namun kadang terjadi juga, dan pada situasi latihan kadang juga terjadi. Jadi sama sekali tidak ada alasan bagi saya untuk membahas siapa yang akan pergi dan siapa yang tidak pergi, sampai benar-benar penting," kata Hodgson seperti dikutip Sky Sports.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016