Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Pertamina Campos Racing Mitch Evans berada di barisan depan kejuaraan balap GP2 di Sirkuit Monte Carlo, Monaco setelah pada babak kualifikasi berhasil menjadi pebalap keempat tercepat.

Berdasarkan data dari tim media, Jumat, pebalap asal Selandia Baru ini mampu membukukan catatan waktu satu menit 19,962 detik. Dengan posisi ini peluang untuk meraih poin perdana cukup besar.

"Akhirnya saya kembali. Hari ini kendaraan cukup kompetitif dan saya senang bisa start dari posisi depan karena hasil ini sangat penting untuk balapan di Monaco," kata Mitch Evans.

Hasil kualifikasi cukup bagus juga ditorehkan pebalap Pertamina Campos lainnya Sean Gelael. Pebalap muda asal Indonesia ini akan start di posisi 13 setelah pada kualifikasi mampu membukukan catatan waktu satu menit 20,877 detik.

Kualifikasi GP2 yang dilakukan Kamis malam (26/5) dibagi dalam dua grup. Evans yang bernomor mobil ganjil berada di grup A dan mendapatkan kesempatan pertama untuk memulai kualifikasi yang berlangsung selama 15 menit. Sementara Sean yang bernomor mobil genap tergabung di grup B dan memulai kualifikasi setelah grup A selesai.

Babak kualifikasi diwarnai sejumlah insiden. Beberapa pebalap tidak bisa melanjutkan sesi kualifikasi karena menabrak pembatas lintasan. Yang terparah dialami pebalap Russian Time, Artem Markelov, yang tergabung di grup B. Mobilnya meluncur dan menabrak pembatas lintasan hingga merusak bagian depan dan pengaman lintasan.

Akibatnya, sisa kualifikasi yang tinggal 3,48 menit dihentikan sementara. Situasi ini tidak menguntungkan pebalap lain, termasuk Sean. Namun, dengan sisa waktu yang sedemikian sempit, Sean masih bisa mempertajam waktu dari satu menit 22,610 detik menjadi satu menit 20,877 detik.

"Cukup sulit untuk mempertajam waktu karena ban sudah dingin lagi," kata Sean Gelael.

Dua pebalap lain yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, yaitu Antonio Giovinazzi yang membawa bendera tim Prema Racing akan memulai balapan dari posisi ke-7 setelah mencatat waktu 1 menit 19,972 detik. Adapun Philo Paz Armand yang membalap bersama tim Trident mencetak waktu satu menit 22,707 dan akan memulai start dari posisi ke-21.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016