Balita itu tertular dari orang tuanya yang juga positif HIV
Gorontalo (ANTARA News) - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dikes-KB) Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo mencatat ada satu balita perempuan usia 1 tahun positif mengidap Human Immunodeficiency Virus (HIV).

"Balita itu tertular dari orang tuanya yang juga positif HIV," kata Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Farhan Liputo, Jumat.

Farhan mengatakan saat balita tersebut terindikasi mengidap HIV, pihaknya langsung melakukan penanganan cepat.

"Karena di Pohuwato belum ada Rumah Sakit yang khusus menangani HIV, maka kami bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) guna merujuk balita itu ke RSUD Aloe Saboe Kota Gorontalo," katanya.

Ia menambahkan pada saat dirujuk, kondisi balita tersebut sudah dalam kondisi sakit. Beruntung langsung mendapat penanganan medis cepat.

"Dan sekarang kondisinya sudah membaik. Kini balita itu sudah dipulangkan ke rumahnya, namun terus dalam pengawasan kami. Karena penderita HIV akan diberi perawatan seumur hidupnya," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga mencatat ada 27 warga lainnya penderita HIV dan AIDS yang memiliki profesi berbeda-beda, antara lain Pegawai Negeri Sipil (PNS), tenaga honorer, pensiunan TNI Angkatan Darat, mahasiswa, ibu rumah tangga (IRT) dan swasta serta pekerja seks komersial (PSK).

"Dari total tersebut, sudah sembilan yang meninggal dunia," katanya.

Ia menambahkan, Dinkes terus melakukan sosialisai di kalangan masyarakat, terutama di tingkat pelajar yang ada di daerahnya.

Sementara itu, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga mengaku sangat prihatin bahwa di daerahnya sudah ada balita yang positif HIV.

"Sebagai pemerintah tentu kami akan melakukan langkah taktis untuk mencegah penularan lebih meluas," katanya saat dihubungi lewat telepon belum lama ini.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016