Empat pemburu sudah ditangkap dan tiga senjata api, amunisi dan perlatan berburu sudah disita
Johannesburg (ANTARA News) - Pemburu di Taman Kruger Afrika Selatan melepaskan tembakan terhadap sebuah helikopter patroli, kata pejabat pada Kamis (26/5), menggambarkan serangan tersebut sebagai "eskalasi dramatis" di tengah perang melawan perburuan badak.

Para pemburu melepaskan tembakan lima kali ke arah helikopter Taman Nasional Afrika Selatan yang merupakan bagian dari operasi untuk menumpas perburuan.

"Aksi cepat dari seluruh anggota tim yang terlibat berhasil menggagalkan serangan dan helikopter berhasil mendarat dengan selamat bersama semua kru pesawat," ungkap Kementerian Urusan Lingkungan dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan AFP.
 
Insiden pada Rabu itu terjadi setelah 363 badak telah diburu di Afrika Selatan dalam empat bulan pertama tahun ini, 232 di antaranya mati di Taman Nasional Kruger.

Cula badak mengandung keratin, komponen yang sama seperti yang terkandung pada kuku manusia.Namun, cula tersebut dijual dalam bentuk bubuk sebagai obat untuk kanker dan penyakit lainnya di Vietnam dan China.

Hampir 1.200 badak telah mati di tangan pemburu di Afrika Selatan pada 2015.

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016