Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menuturkan sekitar 12.000 orang yang terdiri dari personel TNI, Polri, mahasiswa, relawan Pengembangan Desa Berbudaya Lingkungan (Ecovillage) dan masyarakat umum akan terlibat dalam Gerakan Citarum Bestari yang dilaksanakan pada 2-8 Juni 2016.

"Tadi pagi kita rapat koordinasi tingkat pimpinan untuk memantapkan rencana tanggal 2 Juni yang akan datang. Kita akan meluncurkan Citarum Bestari dengan melibatkan lebih banyak pihak, TNI dan Polri," kata Aher di Bandung, Jumat.

Selama enam hari tersebut, kata Aher, belasan ribu orang tersebut akan melakukan berbagai kegiatan seperti aksi bersih-bersih di sepanjang induk dan tujuh anak Sungai Citarum.

"Kan enggak mungkin kita melakukan pembersihan Citarum tanpa melibatkan masyarakat, oleh karena itu semua masyarakat kita ajak untuk terlibat sehingga ke depan bisa jadi gerakan sosial untuk Citarum Bestari," ujarnya.

Selain melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang Sungai Citarum, personel TNI dan Polri dibantu masyarakat akan melakukan patroli.

"Jadi memang gerakan pertama secara masif akan terjadi dari tanggal 2-8 Juni. Insya Allah dampaknya akan ada. Jangan kan enam hari, yang kemarin saja Cijagra dua hari saja ada dampaknya," katanya.

Setelah gerakan masif selama enam hari tersebut, bersih-bersih sungai dan patroli akan dilaksanakan setiap Sabtu.

"Dan tadi semua kepala daerah yang hadir di rakor tersebut sudah komitmen tidak perlu lagi surat edaran untuk mencanangkan Gerakan Citarum Bestari selama enam hari ini dilanjutkan tiap hari Sabtu secara terus menerus hingga akhir tahun dan masuk ke tahun 2017," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016