Jayapura (ANTARA News) - Telkomsel Regional Papua - Maluku telah membangun 400 unit pemancar selama 2016, dan masih akan bertambah untuk memenuhi target tahun ini 880 menara.

"Untuk rencana pada tahun ini akan dibangun 880 pemancar, jadi sekarang sudah terbangun sekitar 400, jadi total untuk regional Papua - Maluku sebanyak 2800," ujar general Manager ICT Telkomsel MPapua maluku Permata Simarmata, di Jayapura, Jumat.

Ia pun menyebut pada momen ulang tahun Telkomsel yang ke21 pada 26 Mei 2016, pihaknya sudah menjangkau seluruh daerah di Provinsi Papua dan Papua Barat, meski dengan kualitas jaringan yang berbeda-beda.

"Memasuki tahun ke-21 jaringan yang sudah terbangun 2G 1364 unit, perangkat 3G 940 unit, dan perangkat 4G 114, jadi total Papua Maluku 2388 unit," kata dia.

Permata mengungkapkan khusus untuk jaringan data 4G, jumlah terbanyak masih di kawasan Jayapura yang cakupannya akan terus ditambah.

"Untuk area Jayapura jumlah perangkat 4G sejumlah 31 perangkat dan 3G 302 perangkat, jadi hanya 10 persen, ke depan kita akan menambah perangkat 4G," ujarnya lagi.

Sebelumnya, Anandoz Bangsawan General Manager Telkomsel Regional Papua - Maluku mengatakan kini jaringan Telkomsel telah menjangkau 41 kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat, dan hanya satu kabupaten yang belum dijangkau layanan perusaan telekomunikasi tersebut.

"kami di regional Papua Maluku berharap sekali kedepan selalu bisa mengisi atau memenuhi kebutuhan masyarakat akan jaringan. Sampai saat ini sudah ada 41 kabupaten yang sudah ter-cover jaringan Telkomsel," ujar dia.

"Hanya satu yang belum yaitu Kabupaten Pegunungan Arfak tahun belum ada, mudah-mudahan tahun depan sudah terpenuhi," sambung dia.

Pewarta: Dhias Suwandi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016