Harga minyak sudah di 49 dolar per barrel, dan bisa tembus ke 50 dolar AS per barrel"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan kondisi ekonomi global akhir Mei 2016 ini mulai membaik, dan membuat tekanan terhadap negara berkembang mereda, termasuk Indonesia.

Menurut Agus di Jakarta, Jumat, membaiknya kondisi ekonomi global tersebut juga dipicu dengan mulai kembali terangkatnya harga minyak dunia yang akan memacu produksi negara-negara produsen, setelah sempat anjlok di awal tahun.

"Harga minyak sudah di 49 dolar per barrel, dan bisa tembus ke 50 dolar AS per barrel," ujarnya.

Mulai pulihnya harga minyak dunia ini, menurutnya, akan mendorong pemulihan ekonomi global akibat lesunya konsumsi yang telah mendera sejak akhir 2015.

Agus juga melihat dinamika kebijakan moneter global ditandai pada beberapa waktu terakhir ini, dengan mulai turunnya ekspektasi pelaku pasar terhadap rencana kenaikan bunga Bank Sentral AS Federal Reserve, Juni mendatang.

Sebelumnya, dalam rapat FOMC 26-27 April 2016 lalu, peserta rapat meyakini bunga The Fed naik bisa Juni 2016. Keyakinan itu sempat menimbulkan gejolak di pasar keuangan, termasuk Indonesia, dengan melemahnya nilai tukar rupiah, hingga ke level Rp13.500.

"Beberapa hari terakhir ini, kembali mereka mengatakan belum tentu akan menaikkan (bunga The Fed). Sehingga betul2 membuat lebih tenang," ujarnya.

Selain itu, ujar Agus, gejolak di pasar keuangan juga menurun, karena kemungkinan keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Britain to Exit/Brexit) mengecil. Dengan begitu, tekanan terhadap mata uang poundsterling akan menurun, sehingga transmisi gejolaknya pun mereda ke mata uang lain di pasar keuangan.

"Jadi kondisi seperti itu membuat di dunia lebih tenang. Saya sambut dengan baik karena dampaknya ke Indonesia juga lebih positif," ujar dia.

Pada Jumat ini, menurut Kurs Refrensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), kurs rupiah menguat ke posisi sebesar Rp13.575 dibanding data kurs sejak Senin (23/5) hinga Kamis (26/5) yang terus bertengger di level Rp13.600.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016