Bantul (ANTARA News) - Festival Perahu Naga di kawasan Pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul yang digelar 29 Mei 2016, bakal diikuti 20 tim dari dalam dan luar provinsi.
 
"Sampai saat ini sudah ada sebanyak 20 tim yang mendaftar, 16 tim di antaranya berasal dari DIY, sisanya dari luar daerah, yaitu Blora, Pati, Semarang (Jawa Tengah), dan Jakarta," kata Kasi Objek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Wardoyo di Bantul, Jumat.

Festival tersebut digelar oleh Pusat Seni dan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PSBTY) bekerja sama dengan Dispar DIY serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul.

Festival yang sudah menjadi agenda tahunan itu digelar dalam rangka perayan Peh Cun, yang diperingati setiap tanggal 5 bulan 5 tahun China, yang jatuh pada 9 Juni 2016.

Wardoyo mengatakan Festival Perahu Naga 2016 akan menggunakan lintasan sepanjang kurang lebih 500 meter di utara Pantai Depok.

"Panjang lintasan pada festival ini sama seperti tahun lalu, festival ini memperebutkan Piala Gubernur DIY Sri Sultan HB X serta hadiah uang pembinaan kepada peserta terbaik dengan total sekitar Rp100 juta," katanya.

Sebelumnya, Festival Perahu Naga digelar di Bendung Tegal, Desa Wisata Kebonagung, Imogiri Bantul.

"Dispar DIY memang mendorong objek wisata Pantai Depok bisa dijadikan destinasi wisata air di wilayah DIY, itu yang menjadi pertimbangan kami untuk memilih pantai Depok," katanya.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016