Jakarta (ANTARA News) - Andre Iguodala dan Harrison Barnes membombardir Oklahoma City Thunder dengan lemparan tiga angka yang menciptakan delapan poin sehingga membuka keunggulan 12 poin Golden State Warriors pada kuarter keempat Game 5 Final Wilayah Barat di Oakland Kamis malam waktu setempat atau Jumat pagi WIB tadi untuk kemudian menang 120-111.

Kemenangan ini menyempitkan defisit ketinggalan Golden State pada seri berformat best-of-seven ini dengan 2-3, namun Oklahoma City berpeluang segera menyudahi seri ini kala pertandingan berpindah lagi ke kandang Thunder Sabtu malam waktu setempat atau Minggu pagi WIB lusa.

Game 7, jika diperlukan, akan kembali berlangsung di Oakland, Selasa pagi WIB, dengan catatan Warriors menang dari Thunder pada Game 6.

Stephen Curry memimpin dengan 31 poin dan sukses pada semua dari 10 lemparan bebasnya ketika Warriors berhasil menutupi 40 poin fantastis yang dikemas bintang Thunder Kevin Durant sehingga menghidupkan kembali asa playoff mereka.

Warriors sempat memimpin  81-77 sebelum guard cadangan Shaun Livingston membuka periode keempat dengan jumper pendek. Iguodala dan Barnes kemudian menjaringkan lemparan tiga angka yang membuka keuntungan 89-77 yang adalah selisih kepemimpinan terlebar Golden State pada pertandingan ini.

Keunggulan mencapai 13 poin namun power forward Serge Ibaka tak sudi membiarkan Thunder diam begitu saja. Dia berhasil menceploskan sepasang lemparan tiga angka dan manakala Durant menambahkan dengan satu lemparan tiga angka yang ketiga, tiba-tiba saja kepemimpinan poin Golden State menyempit menjadi 103-98 ketika waktu tinggal 4 menit 34 detik lagi.

Curry kemudian membalas dengan tiga poin yang salah satunya dari satu lemparan bebas, untuk memperlebar selisih keunggulan timnya menjadi delapan poin.  

Setelah itu pertahanan Golden State sukses menahan serbuan Thunder sampai tercipta sebuah dunk dari Durant pada 56,9 detik terakhir ketika Warriors sudah berlari dalam selisih 112-101.

Klay Thompson menyusul Curry dengan 27 poin untuk Warriors yang kini bercatatan menang-kalah di kandang selama playoff menjadi 4-1.

Warriors menang kendati hanya memetik sembilan poin dari 24 kali lemparan tiga angka.  Sebaliknya Thunder berhasil pada 13 dari total 30 lemparan tiga angkanya.

Andrew Bogut mempersembahkan 15 poin dan 14 rebound, sedangkan Draymond Green 11 poin dan 13 rebound untuk Warriors yang lemparannya 47,1 persen efektif, sedangkan Oklahoma 42,9 persen.

Sementara itu, 40 poin Durant ditempel Russell Westbrook dengan 31 poin ditambah tujuh rebound dan delapan assist. Ibaka menyusul dengan 13 poin, dan Steven Adams menciptakan 10 rebound, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016