Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah berkomitmen untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok menjelang dan selama bulan puasa Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 2016.

"Kenaikan harga menjelang Lebaran akan selalu terjadi, setiap tahun begitu karena masyarakat bersama-sama punya kebutuhan mendadak," kata JK di Istana Wapres, Jakarta, Jumat.

Meskipun demikian, Wapres menegaskan pemerintah akan menjaga kelancaran pasokan untuk tetap menjaga kestabilan harga.

"Harga tergantung supply (pasokan), jadi supply-nya kita tambah lagi, kalau tidak bisa dalam negeri ya impor," kata dia.

Menurut JK, impor yang diperkirakan naik menjelang Ramadan ini adalah daging, sementara itu pasokan bahan makanan dari dalam negeri, seperti beras, telur, dan bawang merah masih aman.

Berdasarkan laporan biro-biro Antara, harga kebutuhan pokok telah naik di hampir semua daerah di Indonesia sejak akhir April lalu, antara lain di Ternate, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Madura, hingga Banten.

Menyikapi situasi tersebut, Dinas Perdagangan di beberapa daerah juga telah melakukan operasi pasar untuk menjaga kestabilan harga.

Pewarta: Azizah F
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016