London (ANTARA News) - Jose Mourinho akan melakukan apa yang telah terjadi dalam tiga musim yang mengecewakan di Manchester United, ucapnya pada wawancara pertamanya setelah diresmikan sebagai manajer pada Jumat.

Sejak Alex Ferguson mengundurkan diri setelah memenangi Liga Inggris pada 2013, klub itu finis di peringkat ketujuh, keempat, dan kelima, mengamankan satu-satunya trofi penting mereka dalam rentang waktu itu dengan menjuarai Piala FA musim ini.

Trofi itu tidak cukup untuk menyelamatkan Louis van Gaal, yang dipecat pada pekan ini menyusul dua tahun dirinya menduduki kursi panas Setan Merah.

"Menurut saya, saya memilih untuk melupakan tiga tahun terakhir," kata Mourinho kepada saluran televisi resmi klub. "Saya memilih untuk fokus pada klub raksasa yang saya tangani sekarang, dan menurut saya apa yang diharapkan para penggemar untuk saya katakan adalah bahwa saya menginginkan kemenangan."

Mantan pelatih FC Porto, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid itu, dipecat oleh klub London tersebut pada Desember setelah menjalani masa kerja keduanya di sana, meyakini dirinya memiliki hak untuk merasakan kesuksesan di United.

"Menurut saya, inilah momen yang tepat dalam karier saya karena Manchester United merupakan salah satu dari sejumlah klub di mana Anda perlu benar-benar mempersiapkannya untuk itu," kata pria karismatik asal Portugal itu.

"Klub-klub raksasa harus ada untuk para manajer terbaik dan menurut saya, saya siap untuk itu maka saya dapat berkata bahwa saya gembira, saya bangga, saya merasa terhormat. Saya merasa hebat."

"Saya menginginkan kemenangan," tambah Mourinho. "Saya memerlukan para penggemar dan para pemain untuk merasakannya. (Para penggemar) tahu apa yang dapat mereka berikan kepada saya dan apa yang dapat saya berikan kepada mereka."

"Saya telah bermain dalam banyak kesempatan di Old Trafford dan perasaan empati. Saya ingat ketika saya menang di Old Trafford bersama Real Madrid, dan saya berkata tim terbaik telah kalah, tidak banyak orang di Real Madrid yang sangat senang dengan hal itu."

Mourinho tidak memberi indikasi mengenai apakah Ryan Giggs, yang bekerja sebagai asisten Van Gaal, akan dipertahankan.

Ia juga tidak menyebutkan kemungkinan transfer pemain-pemain seperti penyerang Swedia dan Paris St Germain Zlatan Ibrahimovic.

Mourinho diikat kontrak tiga tahun, yang menurut media Inggris bernilai antara 30 sampai 45 juta pound.

Yang terbaik

"Jose merupakan manajer yang terbaik di sepak bola saat ini," kata wakil ketua United Ed Woodward dalam pernyataannya.

"Ia telah memenangi trofi demi trofi dan menginspirasi para pemain di sejumlah negara di seantero Eropa dan, tentu saja, ia mengenal Liga Inggris dengan sangat baik setelah memenangi tiga gelar di sini."

"Rekan jejak kesuksesannya merupakan hal ideal untuk memajukan klub."

Mourinho telah sejak beberapa waktu silam diyakini akan menggantikan Van Gaal, dan agennya Jorge Mendes telah bertemu para ofisial United pada Selasa untuk mendiskusikan sejumlah persyaratan pribadi.

Bagaimanapun, pembicaran-pembicaraan itu menjadi berlarut-larut, ketika disadari bahwa Chelsea masih memiliki namanya sebagai merek dagang (trademark).

Kini panggungnya siap untuk pernikahan dua nama terbesar di dunia sepak bola, Mourinho dan United, klub tersukses Inggris dan raksasa global.

"Untuk menjadi manajer Manchester United merupakan kehormatan istimewa di olahraga ini," kata Mourinho dalam pernyataan awalnya.

"Ini merupakan klub yang dikenal dan dikagumi di seluruh dunia. Terdapat nuansa mistis dan romansa di sana, yang tidak dapat disaingi klub manapun."

Dalam dua masa baktinya di Chelsea ia memenangi tiga gelar Liga Inggris, termasuk gelar liga perdana mereka dalam 50 tahun, dan Piala FA serta Piala Liga.

Mourinho juga menjuarai liga pada musim-musim pertamanya di Porto dan Inter, sebelum membantu Real untuk meraih mahkota Liga Spanyol pertamanya dalam empat tahun.

United yang finis di peringkat kelima di bawah asuhan Van Gaal musim ini membuat mereka gagal lolos ke Liga Champions untuk kedua kalinya sejak Ferguson hengkang. Mereka akan bermain di Liga Europa pada musim depan.

Terdapat sedikit nada miring mengenai gaya bermain kesukaan Mourinho, di mana mantan penyerang United Eric Cantona mengatakan klub semestinya memilih Pep Guardiola yang justru akan mengarsiteki Manchester City.

Namun sejumlah mantan pemain lain, termasuk Peter Schmeichel dan Steve Bruce, meyakini ia akan mengembalikan peruntungan tim Old Trafford itu. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016