Gemas Lisa merupakan komitmen bersama masyarakat Biak Numfor ..."
Biak (ANTARA News) - Sekira 5.000 siswa mulai sekolah dasar (SD) hingga setingkat sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, mengikuti program "gerakan massal lihat sampah ambil dan angkut" (Gemas Lisa) guna menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Kegiatan Gemas Lisa pada Sabtu pagi dimeriahkan penampilan drumband SMA Yapis Biak mengambil start dari lapangan Mandala distrik Biak Kota mengitari jalan Yos Sudarso - Ahmad Yani hingga finish di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Fandoi.

Sepanjang jalan yang dilalui, pelajar dan peserta aksi berbekal kantong plastik dan karung untuk mengangkut setiap limbah sampah yang berserakan di kawasan jalan umum, kemudian ditampung ke bak penampung yang disiapkan panitia.

"Gemas Lisa merupakan komitmen bersama masyarakat Biak Numfor untuk menjaga kebersihan lingkungan untuk menjaga citra kota Biak bersih, indah, hijau dan damai," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Biak Numfor, ZR Mailoa.

Ia berharap, aksi Gemas Lisa menjadi gerakan moral untuk semua elemen masyarakat di Kabupaten Biak Numfor, agar kebersihan lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat kota Biak senantiasa terjaga.

Selain itu, ia menambahkan, ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan merupakan imbauan untuk merubah perilaku kebiasaan setiap individu dalam mewujudkan kebersihan lingkungan.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016