Maluku Tengah (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mendukung dan mengapresiasi langkah Kementerian Agama yang terus berupaya mengembangkan toleransi dan persatuan kehidupan masyarakat, salah satunya melalui gerakan pramuka.

“Saya bangga Kementerian Agama mengambil inisiatif untuk mengembangkan toleransi dan persatuan lewat perkemahan yang diikuti oleh siswa madrasah seluruh Indonesia,” demikian penegasan Rizal Ramli saat menutup Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) II yang dilaksanakan di Pantai Liang Provinsi Maluku, Jumat (27/5) malam.

Selain ratusan peserta pramuka madrasah dan pendamping, hadir dalam penutupan ini Gubernur Provinsi Maluku, Bupati Kabupaten Maluku tengah, Direktur Pendidikan Madrasah, perwakilan Kwarnas, serta tamu undangan. Menurut Rizal, pramuka selama ini dikenal sebagai salah satu gerakan yang konsern dalam pembangunan karakter kepemimpinan, toleransi, dan persatuan.

“Saya sangat takjub dan kagum, anggota pramuka madrasah dapat mununjukkan toleransi, mengingat saat ini, tingkat toleransi anak-anak muda jauh berkurang. Bangsa yang besar akan pecah jika tidak saling menghargai dan menjaga persatuan,” katanya seperti dikutip kemenag.go.id, Sabtu.

Kepada para pramuka madrasah, Rizal berpesan bahwa pramuka adalah tempat melatih sifat kemanusiaan dan damai. Lebih dari itu, pramuka juga harus cinta lingkungan.

“Saya bangga ketika mendengar adik-adik pramuka madrasah melakukan pelepasan tukik (anak penyu) yang menjadi catatan Rekor Muri, karena ini bagian dari menjaga kelestarian lingkuangan,” pekiknya disambut tepuk tangan hadirin.

Berbeda dengan biasanya, perkemahan pramuka madrasah tahun ini mengambil lokasi di sekitar kelautan, yaitu Pantai Liang. Umumnya, kegiatan kepramukaan mengambil tempat di kawasan pegunungan atau daratan.

Akan hal ini, Rizal Ramli mengingatkan bahwa Indonesia ke depan memang harus menjadi bangsa maritim, apalagi bangsa ini memiliki sejarah hebat di laut karena kekuatan maritimnya disegani dunia. “Bangsa yang dapat menguasai laut, maka akan menguasai dunia,” tandasnya.

Penutupan PPMN II dimeriahkan dengan pengumuman pemenang. Provinsi Jawa Tengah tampil sebagai juara Umum PPMN II tahun 2016. Berikut daftar juara 1 berbagai perlombaan yang diselenggarakan selama perkemahan pramuka madrasah di Maluku:

1. Lomba Pentas Seni Budaya (Tarian Tradisional): kontingen Provinsi Kalteng (putera) dan kontingen Provinsi Sumbar (puteri); 2. Lomba Mars Jayalah Pramuka Madrasah diraih kontingen Provinsi Maluku; 3. Lomba Yel Yel Madrasah diraih kontingen Provinsi Jawa Timur; 4. Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) Putera dan Puteri diraih kontingen Provinsi Jawa Tengah;

5. Lomba Cerdas Ceria Pramuka: kontingen Provinsi Banten (putera) dan kontingen Provinsi Jawa Tengah (puteri); 6. Lomba Pionering Aplikatif Putera dan Puteri diraih kontingen Provinsi Jawa Tengah; dan 7. Lomba K3 Tenda dan Lingkungan: kontingen Provinsi Sulbar (putera) dan Provinsi Sulsel (puteri).

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016