Palangka Raya, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Anggota DPR dari Partai Gerindra, Edhy Prabowo, menuntut pelaksaan reklamasi Teluk Jakarta agar tidak merugikan nelayan disekitarnya. 

Secara pribadi, dia menilai proyek reklamasi bedampak langsung pada nelayan yang tinggal disekitarnya. Mereka, lanjut dia, setidaknya harus berpindah. Oleh karena itu, paling penting mengatur tata ruang, jangan sampai nelayan terpinggirkan. 

"Reklamasi langsung tidak langsung berpengaruh pada nelayan. Mereka tinggal di pesisir, karena reklamasi mereka harus pindah. Paling penting mengatur tata ruang jangan sampai nelyan terpinggirkan," kata Edhy di Palangka Raya, Sabtu. 

"Mereka ini sekelompok masyarakat yang lama tinggal di situ. Apa tidak ada jalan lain selain penggusuran. Bisa dibangunkan pasar ikan, flat, tempat berjualan ikan mentah dan prosesnya. Kok kita harus mengusir mereka," tambah dia. 

Ketua Komisi IV DPR itu juga mendesak pelaksaan proyek reklamasi Teluk Jakarta harus sesuai aturan.

"Soal reklamasi, aturan harus diikuti. Masa pelepasan lahan belum selesai, tetapi sudah dibangun. Harus ada persetujuan pihak berwenang, kemudian amdalnya bagaimana. Kalau sudah ada, silahkan jalan," tutur dia.

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016