... distributor itu harus hati-hati jangan terlena dengan terus menaikkan harga, karena dikhawatirkan ada penurunan daya beli pada tahun ini bisa sampai pada bulan Ramadhan...
Kuningan, Jawa Barat (ANTARA News) - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Jawa Barat, Abdul Majid Ikram, mengatakan, para distributor atau pedagang besar akan memainkan harga pada momentum bulan Ramadhan. 

Untuk mengurangi dampak mengurangi kerugian atas "permainan" itu, ia berupaya berkomunikasi dengan Bulog setempat.

"Pada bulan Ramadhan harga semua bahan kebutuhan dipastikan naik, itu dikarenakan permainan dari distributor atau pedagang," kata Majid di Kuningan, Sabtu.

Menurut dia, kenaikan harga dan permainan itu semula digerakkan peningkatan permintaan masyarakat pada bulan Ramadhan, baik itu untuk kebutuhan konsumsi dan yang lainnya.

Namun, ia menuturkan untuk para pedagang atau distributor harus selalu hati-hati, karena konsumsi masyarakat pada tahun ini menurun cukup segnifikan.

"Padagang atau distributor itu harus hati-hati jangan terlena dengan terus menaikkan harga, karena dikhawatirkan ada penurunan daya beli pada tahun ini bisa sampai pada bulan Ramadhan," tuturnya.

Ikram menambahkan, dia berupaya menekan kenaikan harga dengan cara memotong arus distribusi melalui Bulog.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016