Kami minta agar para wisudawan, ataupun civitas akademik di kampus ini untuk selalu menunjang etika serta moral, kedua aspek tersebut sangat penting bagi insan akademik yang bergulat dengan ilmu dan pendidikan,"
Padang (ANTARA News) - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat Prof Dr Phil Yanuar Kiram mengatakan pentingnya etika dan moralitas para wisudawan.

"Kami minta agar para wisudawan, ataupun civitas akademik di kampus ini untuk selalu menunjang etika serta moral, kedua aspek tersebut sangat penting bagi insan akademik yang bergulat dengan ilmu dan pendidikan," kata Prof Yanuar Kiram pada wisuda ke-106 UNP di Padang, Sabtu.

Dengan dua konsep itulah, katanya, dunia pendidikan tinggi akan memberikan sumbangan yang bermakna pada pembentukan dan pengabdian kepada masyarakat.

Yanuar menyebutkan, hal tersebut suda sering menjadi perbincangan di berbagai forum, dan diskusi, namun fakta yang terjadi kekinian menunjukkan bahwa terciptanya akademisi dan institusi pendidikan tinggi yang mencapai kesempurnaan etik dan moral, masih dalam perjalanan panjang.

Ia membeberkan salah satu bentuk pelanggaran etika dan moral yang masih terjadi di lingkungan kampus adalah plagiarisme, dan lainnya. Sedangkan kejadian di luar, maraknya terjadinya aksi-aksi kekerasan seksual yang bahkan menjadikan anak-anak sebagai korban.

"Perguruan tinggi mempunyai kewajiban dalam melakukan pembentukan etika serta moral itu," tegasnya.

Untuk upaya kampus saat ini, Yanuar kiram mengatakan pada tahun ini UNP tengah diproyeksikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, menjadi salah satu perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A.

"Insya Allah, target tersebut dapat tercapai. Jika akreditasi A didapatkan maka yang akan dikejar selanjutnya adalah akreditasi internasioal, sesuai tujuan kami menjadikan kampus ini sebagai Kampus Berkelas Internasional," katanya.

Upaya tersebut, lanjut Yanuar, diperlukan pembenahan di berbagai bidang yang terdapat di UNP. Baik dari segi sarana-prasarana, fasilitas, serta Sumber Daya Manusia (SDM).

Pada bagian lain, dalam wisuda ke-106 itu diwisuda sebanyak 1.027 mahasiswa. Dengan rincian program Diploma (D3) sebanyak 91 orang, D4 dan S1 kependidikan sebanyak 587 orang, D4 dan S1 non kependidikan 196 orang, program Magister (S2) 151 orang, serta Program Doktor (S3) sebanyak 2 orang.

Salah seorang wisudawan program Diploma dari Jurusan Teknik Sipil Toni Andika, berharap dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari kampus, untuk lingkungan masyarakat nantinya.

Pewarta: Eko Fajri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016