Jakarta (ANTARA News) - Satu dari banyak pengumuman di konferensi I/O Google adalah rencana Daydream VR.

Google menyiapkan kebutuhan perlengkapan dan performa yang diperlukan untuk menghidupkan perangkat realitas virtual tersebut pada telepon genggam.

Sayangnya, persyaratan Google mungkin terlalu tinggi bahkan untuk telepon terbaik yang ada di pasar saat ini.

"Kemungkinan besar tidak akan ada telepon yang siap untuk Daydream," kata kepala VR Google, Clay Bayvor, seperti dilansir Phone Arena.

Bayvor mengatakan pilihan terbaik bagi mereka yang menginginkan telepon genggam yang siap untuk  Daydream adalah "menunggu selama beberapa bulan" untuk memastikan perangkat siap untuk VR.

Para pengembang masih harus bekerja dengan itu, karenanya Google merekomendasikan Nexus 6P untuk tujuan pengembangan, namun bahkan perangkat andalan Google tersebut tampaknya tidak akan selalu sesuai untuk menghadirkan pengalaman VR.

Hal itu terjadi karena Google ingin memastikan perangkat mobile yang siap untuk VR, karena jika tidak maka itu akan memperburuk pengalaman pengguna.

Jadi perangkat harus memiliki resolusi tampilan sangat tinggi dengan waktu refresh ultra-cepat guna meminimalkan latensi, dan pelacak gerak juga harus dipastikan tersetel baik guna menjamin pengalaman di layar mengikuti di dunia nyata.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016