Wisatawan dapat mengakses informasi seputar tujuan wisata yang akan dikunjunginya yang meliputi wisata alam, budaya, religi dan kuliner bahkan sebelum mereka berangkat."
Sleman (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukan terobosan untuk mempromosikan potensi wisata yang semakin berkembang melalui sistem aplikasi mobile "Amazing Sleman" berbasis Android.

"Aplikasi mobile City ini bekerja sama dengan PT Gamatechno Indonesia (Gamatechno)," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Minggu.

Menurut dia, pemanfaatan teknologi di era digital seperti sekarang ini telah merubah perilaku dan cara pandang kebanyakan orang untuk mendapatkan informasi.

"Akses internet semakin mudah didapat, penggunaan perangkat mobile semakin banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai kalangan," katanya.

Ia mengatakan, aplikasi "Amazing Sleman" merupakan aplikasi yang dapat memberikan panduan wisata seputar Kabupaten Sleman dengan lengkap, aktual, serta mudah diakses kapan pun dan dimanapun.

"Wisatawan dapat mengakses informasi seputar tujuan wisata yang akan dikunjunginya yang meliputi wisata alam, budaya, religi dan kuliner bahkan sebelum mereka berangkat," katanya.

Ayu mengatakan, selain itu juga sarana dan fasilitas pendukung sepertinya hotel, restoran, travel dan lainnya.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan, dengan adanya aplikasi mobile "Amazing Sleman" ini diharapkan akan dapat mengoptimalkan upaya-upaya promosi wisata, dan melengkapi upaya-upaya promosi yang telah dilakukan selama ini dengan berbagai program kegiatan.

"Melalui aplikasi ini wisatawan akan dapat dengan mudah mengakses lokasi-lokasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman, yang meliputi wisata alam, wisata budaya, wisata religi maupun wisata kuliner," katanya.

Ia mengatakan, untuk mengetahui potensi wisata di Kabupaten Sleman, wisatawan tidak perlu bersusah payah, cukup mengoperasionalkan perangkat androit dalam genggamannya.

"Mereka akan dapat mengetahui jenis dan cara menjangkau destinasi wisata yang diinginkan," katanya.

Aplikasi "Amazing Sleman" dapat diunduh di Play Store secara gratis dengan Link Image: https://drive.google.com/open?id=0B-ZTYTsd0ByFQk9adXg2RTdOcXc.

"Diharapkan melalui cara ini wisatawan yang datang ke Kabupaten Sleman di masa-masa mendatang akan semakin meningkat dan pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan bagi warga masyarakat khususnya di kawasan destinasi wisata," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016