Paris (ANTARA News) - Pahlawan lokal Richard Gasquet mencapai perempat final Grand Slam di kampung halamannya untuk pertama kalinya, ketika ia menyingkirkan unggulan kelima asal Jepang Kei Nishikori dengan kemenangan 6-4, 6-2, 4-6, 6-2 di Prancis Terbuka pada Minggu.

Menurut Reuters, pada hari yang suram dan basah, petenis 29 tahun itu mengungguli Nishikori untuk melaju ke delapan besar Grand Slam untuk kelima kalinya, di mana ia akan berhadapan dengan petenis peringkat dua dunia Andy Murray.

Nishikori memenangi dua pertemuan terakhir mereka melalui "straight set" pada pertandingan ajang tanah liat di Roma dan Madrid tahun ini, namun hal itu tidak berarti pada Minggu ketika Gasquet melepaskan pukulan backhand penentu kemenangan di Lapangan Philippe Chatrier.

Petenis Prancis terakhir yang tersisa di kompetisi ini, Gaquet mematahkan serve lawannya pertama kali untuk unggul 2-1, namun Nishikori mampu menemukan ketenangan dan dua kali mencuri serve unggulan kesembilan itu untuk unggul 4-2 ketika pertandingan dihentikan akibat hujan.

Saat pertandingan dimulai kembali, Gasquet balas mematahkan serve lawan melalui backhand kerasnya yang memberi dampak merusak, terlihat bertekad kuat untuk mencapai delapan besar di Roland Garros pada upayanya yang ke-13.

"Saya terbakar saat pertandingan dimulai kembali, saya tahu saya harus menandingi temponya jika saya tidak ingin kalah dalam tiga set," kata Gasquet di tepi lapangan.

Ia memenangi enam game beruntun untuk membuka keunggulan 2-0 pada set kedua, hanya melakukan sangat sedikit unforced error. Pukulan backhand penentu kemenangan di belakang garis membuat dirinya kembali mematahkan service lawan dan unggul 4-1.

Ia memenangi set dengan pukulan backhand kemenangan lainnya, membuat para penonton dan pelatihnya Sergi Bruguera, dua kali juara Prancis Terbuka, bersorak gembira.

Nishikori mendapat break point pada game ketiga di set ketiga dan mulai bermain lebih ketat. Ia mendapatkan dua set point pada serve Gasquet pada game kesepuluh, dan mengonversi yang kedua ketika pukulan voli petenis Prancis itu mengenai net.

Bagaimanapun, Gasquet menemukan kembali ketenangannya untuk mematahkan Nishikori pada game pertama set keempat dengan pukulan forehand.

Break lain membuat dirinya unggul 4-1 dan ia menuntaskan match point pertamanya dengan menahan "love."

(H-RF)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016