Istanbul (ANTARA News) - Turki memperingati 563 tahun penaklukan Ottoman atas Istanbul dengan pesta besar dan pertunjukan kembang api di kota bekas ibu kota Kekaisaran Bizantium yang dulu disebut Konstantinopel pada Minggu (29/5).

Sekitar sejuta orang diperkirakan menghadiri pesta raksasa di Istanbul untuk memperingati penaklukan kota pada 1453 oleh Sultan Ottoman Mehmet II, yang dijuluki Sang Penakluk.

Tim aerobatik Angkatan Udara Turki melakukan atraksi terbang menjelang pertunjukan kembang api dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Binali Yıldırım dijadwalkan menghadiri perayaan di Distrik Yenikapi, di bagian Eropa kota tersebut.

Seperti diwartakan kantor berita AFP, pemerintah kota juga meluncurkan peta 3D Istanbul pada periode 1453 untuk menandai acara peringatan yang sudah dipromosikan pemerintah berminggu-minggu tersebut.

Penjagaan keamanan diperketat menyusul serangkaian serangan oleh kelompok ISIS dan pemberontak Kurdi di Turki beberapa bulan belakangan.

Kapal selam, kapal perang fregat, lima helikopter dan 9.000 polisi, termasuk satu kontingen 40 penembak jitu, plus puluhan anjing pelacak, dikerahkan pada perayaan itu menurut keterangan kepala kepolisian Istanbul Mustafa Caliskan yang dikutip kantor berita Anatolia.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016