Jakarta (ANTARA News) - Xiaomi sekali lagi memimpin pasar smartphone Tiongkok yang notabene juga merupakan yang terbesar di dunia. Tidak hanya itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh perusahaan lokal, Xiaomi telah berhasil memimpin pangsa pasar sebesar 26 persen pada April.

Hasil penelitian tersebut dibagikan CEO Xiaomi Lei Jun di akun Weibo-nya, seperti dilansir GSM Arena.

Brand dengan penjualan terbaik kedua di Tiongkok adalah Honor dengan pangsa pasar 15,7 persen. Namun, jika dihitung dengan parent brand Huawei angka tersebut naik menjadi 23,7 persen, cukup dekat dengan posisi pertama.

Di posisi ketiga diduduki Leeco dengan pangsa pasar 10,5 persen, meningkat cukup singkat mengingat smartphone Leeco baru genap setahun bersaing di pasar Tiongkok.

Apple memiliki pangsa pasar 8,2 persen, Meizu 7 persen, 360 4,5 persen, sedangkan raksasa produsen smartphone Samsung hanya 3,2 persen. Sementara itu, kategori lainnya cukup besar dengan pangsa pasar 17,1 persen.

Perlu diingat bahwa angka-angka tersebut merupakan hasil dalam satu bulan penjualan. Mungkin agak berbeda ketika mempertimbangkan hasil kuartalan ataupun tahunan. Meski demikian, prestasi Xiaomi tersebut merupakan satu hal yang tidak bisa diabaikan.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016