Pekanbaru (ANTARA News) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Riau menyiapkan uang kartal Rp5,2 triliun untuk melayani penukaran uang selama bulan Ramadhan tahun ini.

"Tahun ini BI menyiapkan Rp5,2 triliun dan kalau nanti kebutuhannya meningkat, maka kami tak segan menambah," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Riau, Ismet Inono, di Pekanbaru, Selasa.

Jumlah tersebut, menurut dia, lebih banyak dibandingkan dengan yang disiapkan selama Ramadhan tahun lalu, sebanyak Rp4,9 triliun, maupun realisasi transaksi penukaran uang dan penarikan dari bank yang tercatat Rp4,3 triliun.

Bank Indonesia, ia menjelaskan, selama Ramadhan menyiapkan uang kartal untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang masyarakat serta mitra perbankan, juga untuk mengisi mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

"Khusus untuk penukaran uang untuk masyarakat, dilihat dari animo sebelumnya, maka BI paling banyak menyiapkan pecahan Rp10 ribu ke bawah," katanya.

Ismet Inono mengatakan tahun ini BI memperluas layanan penukaran uang yang sebelumnya hanya fokus di Kota Pekanbaru ke kota lain yakni Kota Tembilahan di Kabupaten Indragiri Hilir, Kota Dumai dan Kota pasir Pangaraian di Kabupaten Rokan Hulu.

BI akan melayani penukaran uang di Tembilahan pada 6-10 Juni, Kota Dumai tanggal 13-16 Juni, serta Kota Pasir Pangaraian pada 20-23 Juni.

"Untuk Kota Pekanbaru kegiatan penukaran uang akan mulai tanggal 13 Juni sampai 1 Juli yang bertempat di halaman Kantor BI di Pekanbaru. Ada 49 bank yang akan ikut serta secara bergiliran," kata Ismet.

Ia mengatakan bank tidak akan membatasi jumlah uang yang ditukarkan serta tidak memungut biaya penukaran uang.

"Jadi masyarakat tidak perlu takut kekurangan, karena nanti akan kita sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," ujar Ismet.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016